Connect with us

Politik

Paripurna DPR Resmi Setujui Destry Deputi Gubernur Senior BI

Published

on

Jakarta,Realitarakyat.com. – Destry Damayanti akhirnya resmi menjadi Deputi Gubernur Senior (DGS) Bank Indonesia (BI) periode 2019 – 2024 menggantikan posisi Mirza Adityaswara. Persetujuan tersebut diputuskan di paripurna DPR RI setelah dibahas oleh Komisi XI DPR RI.

“Apakah laporan Komisi XI DPR RI bisa diterima?” tanya Wakil Ketua DPR RI Utut Adianto. Seluruh anggota paripurna DPR pun menjawab,”Setuju” di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, pada Kamis (25/7/2019) ituy.

Sebelumnya Wakil Ketua Komisi XI DPR Achmad Hafisz Tohir menjelaskan bahwa pencalonan Destry sebagai Deputi Gubernur Senior (DGS) BI merupakan usulan langsung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui surat yang dikirim pada 25 April 2019 silam.

Selanjutnya, Badan Musyawarah (bamus) DPR memutuskan agar Komisi XI DPR melakukan uji kemampuan dan kepatutan (fit and proper test) terhadap Destry tersebut pada tanggal 1 Juli 2019.

Selain itu, DPR meminta masukan kepada Badan Intelijen Negara (BIN), Perhimpunan Perbankan Nasional (Perbanas), dan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) mengenai Destry sebagai calon Dewan Gubernur Senior BI.

“Komisi XI DPR juga melakukan rapat internal Komisi XI DPR pada 11 Juli 2019 dalam rangka pengambilan keputusan. Setelah pendapat dari seluruh fraksi memutuskan secara musyawarah mufakat untuk menetapkan Destry sebagai Deputi Gubernur Senior (DGS) BI periode 2019-2024,” kata Achmad.

Karena itu dia berharap, Deputi Gubernur Senior BI baru ini bisa memberikan kontribusi dalam menjaga ekonomi dalam negeri di tengah gejolak ekonomi global. “DPR minta Destry meningkatkan koordinasi BI dengan pemerintah dan DPR terkait kebijakan moneter, makroprudensial, dan sistem pembayaran,” pungkasnya.

Baca Juga :   Curhat pada Media Asing, Prabowo Ngaku Dicurangi
Advertisement
Loading...
Loading…