Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Nasional

Kemendikbud Harus Punya Data Dini Khsus Guru yang Punya Kelainan

Published

on

Jakarta, Realitarakyat.com –  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI belum memiliki sistem deteksi dini atau skrining khusus bagi para guru agar tidak merugikan anak didik. Padahal kekerasan fisik dan seksual yang terjadi di lingkungan sekolah tak jarang dikarenakan gurunya menderita ‘kelainan’.

Direktur Pembinaan Pendidikan Keluarga Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI Sukiman mengakui kekerasan fisik dan seksual yang terjadi karena banyak faktor. Salah satunya karena ada ‘kelainan’ dari para tenaga pengajar atau petugas di lingkungan sekolah. Kelainan itu menurut dia karena adanya paparan pornografi dan lain sebagainya.

“Tentu ada kelainan. Bahkan bukan hanya di sekolah, kita tahu di lingkungan rumah saja ada,” katanya kepada Realitarakyat.com, Selasa (23/7/2019).

Meski demikian, diakuinya hingga kini belum ada skrining khusus yang dilakukan oleh Kemendikbud untuk menekan tingkat kekerasan fisik dan seksual yang terjadi di lingkungan sekolah. Utamanya terhadap para guru.

“Skrining khusus bagi guru untuk sejauh ini belum ada,” akunya.

Adapun antisipasi terhadap kekerasan fisik dan seksual di lingkungan sekolah kata dia diantaranya hanya melalui Peraturan Mendikbud (Permendikbud) yang sudah ada.

“Juga seharusnya lingkungan guru juga melihat kalau ada gejala aneh dari salah seorang guru apakah dia kepala sekolah atau yang lain. Seharusnya sebelum korban banyak harusnya sudah tahu,” tambah Sukiman.(Taupik)

Baca Juga :   Gus Nabil: Biarkan Saja Ijtima Ulama Ke III ,Kita Sudah Tau Hasilnya
Advertisement
Loading...
Loading…