Connect with us

Luar Negeri

Kepala intelijen Taiwan mengundurkan diri karena skandal penyelundupan rokok

Published

on

Direktur JenderalKepala Intelejen NSB , Taiwan Peng Sheng-chu

Taipei, Realitarakyat.com – Kepala badan intelijen Taiwan, National Security Bureau (NSB), mengundurkan diri Senin (22 Juli) setelah terungkap bahwa salah satu agennya telah menggunakan perjalanan luar negeri oleh Presiden Tsai Ing-wen (蔡英文) sebagai kedok untuk menyelundupkan rokok ke negara tersebut.

Pengunduran diri Direktur Jenderal NSB Peng Sheng-chu (彭 勝 竹) telah disetujui oleh pemerintah, Senin (22/7/2019) malam .

Petugas yang bertanggung jawab atas pengawal presiden, Chang Chieh (張捷), dilaporkan telah meminta untuk didisiplinkan dan sedang menunggu keputusan tentang pemindahannya ke fungsi lain.

Skandal itu pecah ketika oposisi anggota parlemen Partai Kekuatan Baru Huang Kuo-chang (黃國昌) menulis di halaman Facebook-nya bahwa seorang agen NSB telah mencoba menyelundupkan 9.200 rokok senilai NT $ 6,45 juta (US $ 207.000) melewati bea cukai ketika Presiden Tsai kembali ke negara dari perjalanan empat negara ke Karibia Senin pagi.

Bea Cukai mengkonfirmasi kisahnya dan mengatakan bahwa semua produk tembakau telah disita dan dipindahkan ke sebuah gudang.

Tersangka utama, bermarga Wu (吳), dilaporkan menggunakan pejabat di China Air Lines untuk membeli bebas pajak rokok di Bandara Internasional Taoyuan Taiwan dan menyimpannya di properti perusahaan katering maskapai penerbangan yang menunggu kepulangan Tsai.

Laporan media kemudian menyarankan bahwa ini adalah operasi serupa ketiga Wu menggunakan pelayaran presiden ke luar negeri.

Presiden Tsai dilaporkan sangat marah dengan insiden itu dan meminta penyelidikan pengadilan atas kasus tersebut.(Hasyim)

Baca Juga :   China Serukan Penegakan Kesepakatan Perjanjian Nuklir Internasional Iran
Advertisement
Loading...
Loading…