Connect with us

Kriminal

Walau Mantan Kepala BNN Sebut Nunung Cukup Di Rehabilitasi, Tapi Polda Metro Tetap Menahan Nunung dan Suaminya

Published

on

Jakarta, Realitarakyat.com – Sebelumnya,Mantan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Komjen Pol (Purn) Anang Iskandar yang tengah mencalonkan diri sebagai calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) turut berkomentar terkait kasus narkotika yang melibatkan komedian Nunung atau Tri Retno Prayudati.

“Nunung tetap harus menjalani proses hukum, baik dari tahap penyelidikan hingga ke proses peradilan. Namun dalam proses tersebut dia tidak perlu ditahan selama tidak dapat dibuktikan sebagai pengedar. Ia bisa ditempatkan di tempat rehabilitasi selama proses penyidikan, penuntutan dan pengadilan,” ujar Anang Iskandar, Minggu (21/7/2019) yang lalu.

Akan tetapi Polda Metro jaya menahan komedian Tri Retno Prayudati alias Nunung dan suaminya, July Jan Sambiran serta seorang tersangka berinisial HM alias TB di rumah tahanan (Rutan) Polda Metro Jaya. Penahanan dilakukan usai polisi menghadirkan ketiganya dalam rilis kasus narkoba Senin (22/7/2019) siang ini.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan, ketiganya ditahan atas kasus penyalahgunaan narkotika jenis sabu. “Jadi mulai hari ini ketiga tersangka ini kami lakukan penahanan,” katanya dalam konferensi pers di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (22/7/2019).

Ketiganya telah mengenakan pakaian tahanan berwarna oranye saat ditampilkan dalam konferensi pers terkait kasus penyalahgunaan narkotika jenis sabu. Ketiga tersangka dijerat pasal dengan ancaman hukuman lebih dari lima tahun penjara.

“Mereka dikenakan Pasal 114 Ayat 2 Subsider Pasal 112 Ayat 2 Jo Pasal 132 Ayat 1 Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika. Ancamannya di atas lima tahun penjara,” ujar Argo.

Nunung beserta suaminya ditangkap polisi atas dugaan penyalahgunaan narkoba jenis sabu di rumahnya di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Jumat (19/7/2019) siang. Keduanya ditangkap setelah melakukan transaksi sabu dengan tersangka HM alias TB.

Baca Juga :   Kabur Dari Majikan, Polisi Taiwan Tangkap 4 TKI

Polisi mengamankan sejumlah barang bukti, di antaranya satu klip sabu seberat 0,36 gram, dua klip kecil bekas bungkus sabu, 3 buah sedotan plastik untuk menggunakan sabu, sendok sabu, dan satu botol larutan cap kaki tiga untuk bong memakai sabu.

Ketiga tersangka terbukti positif menggunakan narkoba berdasarkan hasil tes urine yang dilakukan. Sementara Nunung mengaku menggunakan narkoba jenis sabu sejak lima bulan lalu untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh.

Namun, dalam pemeriksaan kemarin, polisi mengungkapkan Nunung sudah mengonsumsi sabu selama 20 tahun. Sedangkan suaminya July Jan Sambiran sudah 24 tahun.(Iwan K)

Advertisement
Loading...
Loading…