Connect with us

Daerah

Bupati Labusel, Paparkan Capaian Pemkab Pada HUT Ke 11

Published

on

Labusel, realitarakyat.com-Rapat paripurna istimewa hari jadi ke-11 Kab. Labusel di Gedung SB3, Kotapinang, Minggu (21/7/2019) berlangsung dengan lancar.

Paripurna dipimpin Ketua DPRD Labusel, Jabaluddin didampingi Wakil Ketua II Khairul Harahap. Hadir pada paripurna itu, Bupati H. Wildan Aswan Tanjung,SH,MM, Wakil Bupati Kholil Jufri Harahap, para anggota DPRD, perwakilan unsur Muspida, Sekdakab, pimpinan OPD, tokoh agama, tokoh masyarakat, perwakilan Ormas, OKP, dan undangan lainnya.

Usai pelaksanaan paripurna istimewa, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan resepsi peringatan hari jadi ke 11 Kab. Labusel. Kegiatan itu dirangkai dengan pembukaan pameran pembangunan dan pagelaran budaya etnis daerah.

Bupati Labusel, H. Wildan Aswan Tanjung,SH, MM pada kesempatan itu memaparkan berbagai capaian pembangunan. Menurutnya, Pemkab Labusel selalu berupaya melaksanakan kewenangan yang lebih luas secara transparan, akuntabel, dan tanggap pada setiap proses kegiatan pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan.

Dikatakan, upaya tersebut telah menunjukkan hasil ke arah lebih baik, yang dapat dilihat dari capaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang terus mengalami peningkatan dengan rata-rata 1,09 persen per tahun. Menurutnya, sejak 2016 IPM berada pada kategori tinggi yakni, 71,18 poin dan menempati urutan ke 14 tertinggi di Sumut.

Selain itu sebut dia, pertumbuhan ekononi di Kab. Labusel mencapai 4,27 persen dengan PDRB per kapita Rp75,47 juta, menempati urutan ke tiga tertinggi, dengan laju pertumbuhan ekonomi menempati urutan ke-12 di Sumut. Sedangkan pada bidang pendidikan, menurutnya Pemkab terus berupaya meningkatkan kondisi infrastruktur dan sarana pendukung lainnya.

“Adapun angka partisipasi sekolah sebesar 98,70 persen. Pada bidang kesehatan Pemkab terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan melalui penyediaan fasilitas tenaga dan fasilitas kesehatan,” katanya.

Dijelaskan, hingga kini Kab. Labusel memiliki tiga rumah sakit, 17 Puskesmas, 500 Posyandu, 21 klinik, dan 22 Polindes, dengan jumlah tenaga kesehatan 114 dokter, 347 perawat, 583 bidan, dan 23 farmasi. Sedangkan pada bidang pemerintahan lanjut dia, Pemkab berupaya menjadi lebih baik dan bersih dengan meningkatkan kinerja aparatur, penegakan disiplin, dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

“Pemkab Labusel berkomitmen untuk meningkatkan dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dengan cara pemekaran wilayah, yakni desa. Pemkab juga berupaya mempercepatan penerapan e-goverment,” bebernya.

Lebih jauh dikatakan, pada 2019 Kab. Labusel kembali menerima Opini WTP dari BPK atas LKPD 2018, yang merupakan opini keenam secara berturut-turut. Menurutnya, capaian ini hanya satu-satunya diraih kabupaten/kota di Sumut.

Sedangkan pada bidang infrastruktur dan pengembangan wilayah, Wildan mengaku tetap berkomitmen untuk terus meningkatkan serta membangun sarana dan pra-sarana di seluruh wilayah. Menurutnya, pengembangan wilayah telah menunjukkan perkembangan lebih baik, ditandai dengan semakin terbukanya akses di lima kecamatan.

“Semua gambaran keberhasilan ini bukan hanya hasil perjuangan pemerintah semata. Semua capaian ini berkat sinergi pemerintah dengan masyarakat,” tandasnya.

Paripurna istimewa ini diisi dengan pembacaan sejarah singkat terbentuknya Kab. Labusel oleh Plt. Kepala Sekretariat DPRD Riswanto. Usai sidang, dilanjutkan dengan penyerahan rompi duta kemanusiaan kepada bupati oleh PMI, kemudian penyerahan ulos dan piagam penghargaan kepada tokoh pemekaran atas nama Alm. H. Rustam Nasution, dan penyerahan tunggul kecamatan terbaik kepada Camat Silangkitang Syaiful R. Pulungan sebagai kecamatan terbaik.(har).

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Daerah

Satpol PP Jaksel Bakal Data Ulang Reklame di Wilayahnya

Published

on

Continue Reading

Daerah

23 Persen Balita di Nias Alami Stunting

Published

on

Stunting Ilustrasi / Net
Continue Reading

Daerah

Permudah Komunikasi, Pemprov Jabar Bagikan 53 Ribu HP ke Ketua RW

Published

on

Ilustrasi / Net
Continue Reading




Loading…