Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Daerah

Petugas Yantek Distribusi Ikut Sertifikasi dan Uji Kompetensi

Published

on

LANGSA, Realitarakyat.com– Sedikitnya 94 tenaga Pelayanan Teknis (Yantek) dan petugas distribusi PLN Langsa ikut uji kopentensi dan sertifikasi yang digelar Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Kontraktor Ketenagalistrikan Indonesia (Aklindo) Aceh di Aula Gedung KNPI Kota Langsa, Rabu (17/7).

Sekda Kota Langsa, Syahrul Thaeb pada acara pembukaan kegiatan itu mengatakan, kegiatan ini bermanfaat dari segi keamanan pemakaian listrik buat masyarakat, karena ditangani pihak yang layak maupun dari segi penyediaan tenaga kerja handal yang mampu bersaing.

Disebutkan, di era teknologi industri 4.0 persaingan tidak hanya terjadi antara sesama manusia tetapi juga terjadi manusia dengan robot maupun dengan kecanggihan teknologi lainnya. “Contoh terkecil seperti tidak dibutuhkan lagi tenaga manusia di pintu jalan tol, karena memakai kartu E-Tol,” sebut Syahrul.

Ketua DPD Aklindo Aceh, Nazarudi mengatakan, Aklindo bergerak dalam bidang usaha ketenagalistrikan. DPD Aklindo Aceh punya anggota 120 perusahaan.

Dikatakan, sertifikasi kompetensi ketenagalistrikan adalah suatu proses penilaian untuk mendapatkan pengakuan formal terhadap klasifikasi dan kualifikasi, atas kompetensi dan kemampuan tenaga teknik di bidang usaha jasa penunjang tenaga kelistrikan.

Berdasarkan UU No: 30/2009 tentang Ketenagalistrikan, setiap tenaga teknik dalam usaha ketenagalistrikan wajib memiliki sertifikasi dan kompetensi (Serkom). “Saya berharap peserta ujian kompeten di bidangnya dan mendapat sestifikat kompetensi, sehingga menjadi SDM handal dalam bidangnya,” kata Nazaruddin.

Manager PLN UP3 Langsa, Hariadi Fitrianto menyebutkan, Aklindo salah satu asosiasi mitra kerja PLN. “Kami sebagai penyedia listrik akan terus berusaha memberikan layanan terbaik kepada masyarakat.,”

Ketua panitia, T Raja Syahrul melaporkan, uji kompetensi dan sertifikasi ini diikuti 92 orang terdiri dari 74 petugas yantek PLN Unit Pelaksana Pelayan Pelanggang (UP3) Langsa, 18 petugas distribusi pembangunan dan pemasangan dari sejumlah perusahaan kelistrikan dari Banda Aceh, Subulussalam, Pidie dan Aceh Barat.

Baca Juga :   Ketua DPRD NTT Sesalkan Sikap Jimi Sianto

Uji kompetensi dan sertifikasi ini menghadirkan 3 orang Tim Asesor Sertifikasi dan Kompetensi Pusat, Tomer Lumbon Tobing, Uno Harsoyo, dan Renhard Lumban Tobing. Kegiatan ini berlangsung hingga 2 Agustus 2019. (MS)

Advertisement
Loading...
Loading…