Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Nasional

Terancam Punah, LIPI Lakukan Penelitian Terhadap Tripang

Published

on

Jakarta, Realitarakyat.com – Guna mendapatkan data-data bio-ekologi, perdagangan dan pengelolaan biota laut terancam punah seperti teripang, LIPI melalui Pusat Penelitian Oseanografi melakukan penelitian dengan tema besar “Biota Terancam Punah”.

Menurut Kepala Pusat Penelitian Oseanografi LIPI, Dirhamsyah, dalam dua dekade terakhir telah terjadi pergeseran jenis teripang tangkapan (species shifting) yang mengindikasikan bahwa jenis tertentu sudah semakin sulit ditemukan di alam.

“Tersedianya data-data bioekologi teripang diharapkan dapat menjadi dasar dalam penyusunan regulasi untuk melindungi eksistensinya,” terang Dirhamsyah.

Saat ini LIPI melakukan riset teripang untuk mendukung ketahanan pangan melalui pengembangan purwarupa sediaan cair makanan kesehatan menggunakan ekstrak etanol teripang jenis Stichopus vastus sebesar satu persen untuk satu liter produk. Persentase tersebut menghasilkan kadar mineral yang cukup tinggi, yaitu besi (Fe) sebesar 90,38 mg/kg, kalium (K) 949,2 mg/kg, kalsium 18,2 mg/kg dan natrium (Na) 5647,6 mg/kg, juga termasuk kadar glukosamin sulfat sebesar 4,529 g/100g.

“Purwarupa tersebut berhasil memenuhi syarat yang ditetapkan oleh BPOM yaitu minim kadar mikroorganisme dan tidak mengandung logam berat,” terang peneliti Pusat penelitian Oseanografi LIPI, Ana Setyawati.

Baca Juga :   Putusan Sengketa Pilpres Pengadilan MK Kemungkinan Akan Dipercepat
Advertisement
Loading...
Loading…