Connect with us

Nasional

Pelindo III Gerak Cepat Terminal Kontainer Semarang Beroperasi Kembali

Published

on

Surabaya,Realitarakyat.com. – Hanya selama tiga jam setelah Kapal MV. Soul of Luck yang diageni oleh PT Layar Sentosa menyenggol crane di dermaga TPKS Semarang, Jawa Tengah, pada Minggu (14/7/2019), terminal kontainer yang rusak sudah bisa beroperasi kembali.

Langkah cepat KSOP dan Pelindo III sebagai pengelola pelabuhan diapresiasi oleh Asosiasi Pemilik Kapal Nasional Indonesia (INSA) Surabaya.

Sebelumnya, Kapal MV. Soul of Luck menghantam 1 unit container crane 03 sehingga ambruk. Dalam insiden itu, tidak ada korban jiwa, dan dilaporkan korban luka ringan 1 orang.

Ketua INSA Surabaya, Stenven Henry Lesawengen, memberikan penilaian sangat positif atas kinerja instansi dalam pengelolaan pelabuhan antara lain PT Pelindo III dan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Semarang.

“Kita menilai langkah yang diambil Pelindo III dan Ditjen Perhubungan Laut sudah sangat positif dan profesional. Hanya dalam hitungan jam situasi sudah dapat diatasi dan aktivitas pelabuhan dapat normal kembali,” kata Stenven dalam keterangannya, Selasa (16/7/2019).

Untuk itu, Stenven berharap, semua langkah positif dan profesional harus tetap dijaga dan terus dipertahankan. “Kita sangat berterima kasih kepada Pelindo III maupun KSOP Semarang atas langkah cepat tanggap yang diambil dan semoga profesionalisme ini tetap dipertahankan,” tambah Stenven.

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Dirhubla) Kementerian Perhubungan melalui Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Semarang, Jawa Tengah terus berkoordinasi dengan PT Pelindo III untuk memastikan kelancaran pelayanan kapal di Terminal Peti Kemas Pelabuhan.

Sebelumnya Kapal kontainer ‘MV Soul of Luck’ mengalami insiden di Dermaga Petikemas Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Tak seberuntung namanya, kapal berbendera Panama itu menabrak salah satu container crane (CC) hingga roboh.

Peristiwa terjadi hari Minggu (14/7) lalu sekitar pukul 17.00 WIB. Kapal dengan registrasi IMO 9148647 tersebut berlayar dari Pelabuhan Port Klang Malaysia sejak tanggal 11 Juli 2019.

Kapal bermaksud merapat ke dermaga dan memutar arah dengan diarahkan kapal pemandu sesuai prosedur. Namun ternyata ada gangguan dalam mesin sehingga kapal yang harusnya mundur justru maju tak terkendali.

“Setelah klarifikasi ke (kapal) pandu, ternyata terjadi ketidaknormalan. Ketidaknormalan itu saat pilot meminta kapal berhenti dan mundur, mesin tidak merespons. Jadi mesin jalan terus. Kita sudah klarifikasi ke nahkoda. Klarifikasi ke KKM mengatakan ada gangguan dari sistem mesin penggerak kapal,” jelas kepala KSOP Klas 1 Tanjung Emas Semarang, Ahmad Wahid di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Nasional

Eks Koruptor Harus Lewati Sistem Hukum Sebelum Ikuti Pilkada

Published

on

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. (Foto: Ist)
Continue Reading

Nasional

Cara Berpikir Radikal Harus Diputus

Published

on

Wakil Presiden Ma’ruf Amin. (Foto: Ist)
Continue Reading

Nasional

Wapres: Penggunaan Kekerasan Berdalih Agama Sering Digunakan

Published

on

Wakil Presiden Ma’ruf Amin. (Foto: Ist)
Continue Reading




Loading…