Connect with us

Daerah

Pegiat Anti Korupsi Tanjung Balai Pertanyakan Keberdaan Mobil Penyapu Jalan

Published

on

TANJUNG BALAI, Realitarakyat.com– Mobil penghisap debu Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjung Balai lagi terlihat beraktivitas di sepanjang jalan Sudirman Kota Tanjung Balai.

Akibatnya, pasir yang berceceran dari truk proyek menutupi permukaan jalan utama Kota Kerang itu. Selama ini kendaraan Pemkot itu hampir setiap hari tampak membersihkan ceceran-ceceran pasir.

Sudah beberapa bulan terakhir, tampak puluhan petugas membersihkan ceceran pasir di jalan Sudirman dengan cara manual. Kegiatan itu tentu saja menimbulkan tanda tanya warga termasuk keberadaan penghisap debu milik Pemkot Tanjung Balai. Padahal, mobil itu sudah dioperasikan sejak pertengahan 2017.

“Perlu dipertanyakan kenapa jalan dibersihkan secara manual padahal Pemkot Tanjung Balai memiliki mobil penghisap debut. Kemana mobil itu? Kenapa tidak pernah beroperasi lagi. Mungkin mobil ‘dipensiunkan’ agar ada alasan untuk membeli mobilbaru,” ujar penggiat anti korupsi Tanjung Bali, Nur Syahruddin, Minggu (14/7).

Menurut Nur, seharusnya mobil tersebut masih layak dipakai. “Lebih baik mobil penghisap debu itu dilelang agar tidak terjadi pemborosan anggaran untuk pemeliharaan,” kata Nur.

Seperti diketahui, Dinas Kebersihan Tanjung Balai mengoperasikan mobil penyapu jalan atau street sweeper, Mei 2017. Peresmian pengoperasian mobil itu dilakukan Wali Kota, M Syahrial.

Kala itu Syahrial mengatakan, pengadaan mobil pembersih ini jalan keluar untuk membebaskan jalan utama kota dari pasir dan debut. Mobil itumampu membantu tugas para penyapu.

Walau baru satu unit tetapi Tanjung Balai satu-satunya daerah tingkat dua di Sumatera Utara yang menggunakan mobil pembersih jalan. Harga mobil itu Rp2,8 miliar berkapasitas tampung 2.500 liter sampah. Mobil ini mampu menyapu jalan 15 km jalan per jam. Setiap hari dioperasikan 4 – 6 jam. (ign)

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Daerah

Jalani Reses, Anggota DPRD Sumut Gelar Maulid Nabi Muhammad

Published

on

Continue Reading

Daerah

Diduga Keracunan Makan Ikan, Satu Warga Tuafanu Meninggal, Enam Dilarikan ke Puskesmas

Published

on

Continue Reading

Daerah

Komisi V Apresiasi Pembagunan Infrastruktur di Papua Barat

Published

on

Anggota Komisi V DPR RI Jimmy Demianus Ijie. (Foto: Ist)
Continue Reading




Loading…