Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Daerah

Keterbatasan Sarana Prasarana Kendala Tunjang KBM di SMP Negeri I Pagal

Published

on

MANGGARAI, Realitarakyat.com– Sarana dan prasarana yang tidak mencukupi menjadi kendala utama Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri I Pagal, Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Hal itu diakui Kepala SMP Negeri I Pagal, Petrus Kari. “Kita memiliki banyak keterbatasan, termasuk fasilitas pendukung seperti kekurangan ruangan kelas, komputer, guru dan lain-lain” kata Petrus, Sabtu (13/7).

SMP Negeri I Pagal, kata Petrus, hanya ada 13 ruangan dengan total 748 siswa. Dengan siswa sebanyak itu, harusnya ada 26 ruangan. Akibatnya, Petrus terpaksa memberlakukan sekolah pagi dan siang.

Selain ruangan, SMP Negeri I Pagal juga tidak memiliki komputer yang cukup untuk menunjang proses belajar mengajar. Padahal dia sudah mengagendakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun depan. “Kita sudah mengagendakan UNBK. Kalau kondisi seperti ini pasti sulit,” ucap dia.

Petrus mengaku, Sekolah tersebut masih mengalami kekurangan tenaga pengajar yang berstatus Pegawai Negeri Sipil. Sehingga di Sekolah itu, memliki guru swasta yang cukup banyak. Sehingga, uang Komite yang dibebankan kepada siswa dinilai cukup besar.

“Untuk tenaga pendidik, hampir semua mata pelajaran kami mengalami kekurangan Guru Pegawai Negeri akibatnya disini biaya Komite besar karena kami harus mengangkat guru honorer,” keluh Petrus. (efren)

Baca Juga :   Bertahun-tahun tanpa perbaikan, "Para Pahlawanpun Tidak Mau Melintas Dari Jalan Pahlawan"
Advertisement
Loading...
Loading…