Connect with us

Politik

Tak Ada Bukti Di Sidang , Partai Garuda Dimarahi Hakim MK

Published

on

Jakarta,Realitarakyat.com – Dalam sidang sengketa pileg di Mahkamah Konstitusi (MK), kuasa hukum Partai Garuda, Saleh Kabakoran ternyata tidak membawa bukti-bukti fisik yang lengkap, sehingga ditegur oleh anggota hakim MK Arief Hidayat.

Pada awalnya Arief menanyakan bukti fisik dari Partai Garuda dalam sidang pemeriksaan pendahuluan di ruang sidang MK, Jakarta, pada Rabu (10/7) ini. Sebab, hakim hanya memiliki daftar bukti yang diajukan dari Partai Garuda.

“Saudara belum memasukkan bukti fisiknya ya? Baru daftarnya saja?” tanya Arief. “Hari ini kami masukkan,” jawab Saleh. “Lho kok hari ini ini, katanya sudah?” tanya Arief lagi.

Menurut Saleh, hal itu terhambat keterbatasan akses hingga belum mampu membawa bukti fisik yang diajukan. Karena iu dia meminta hakim memberi perpanjangan waktu untuk melengkapi bukti fisik tersebut.

“Tadi Anda katakan sudah ada bukti. Setelah kita cek hanya ada daftarnya, bukti fisiknya belum,” kata Arief. “Memang fisiknya belum karena keterbatasan akses dari NTT ke sini, Yang Mulia,” jawab Saleh.

“Yang benar gitu lho. Tadi katakan bukti sudah ada tapi ternyata hanya daftar. Ini kan disaksikan semua orang,” jelas Arief lagi.

Jawaban Saleh pun berubah dan menyebut bahwa bukti fisik itu sudah ada. Ia menjanjikan akan menyerahkan bukti fisik tersebut besok.

“Anda gimana? Bukti ada tapi kalau masih di rumah bawa pulang aja enggak usah dibawa ke sini. Anda berbelit-belit dari tadi,” tutur Arief.

Arief pun meminta Saleh segera menyerahkan bukti fisik karena hakim harus memverifikasi dan mengesahkan bukti tersebut.

“Kemarin kan sudah ditentukan sebelum akhir persidangan akan disahkan bukti yang telah diverifikasi. Kalau masih ada tambahan, diserahkan sejak awal untuk diverifikasi. Tapi, kalau saudara mundur besok, kapan menyerahkannya lagi? Kan repot. Tak bisa Anda menyerahkan besok,” jelas Arief.

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Politik

Banyak Tokoh Parpol Jadi Menteri, Tanda Kematian Demokrasi Indonesia Makin Nyata

Published

on

Pengamat Sosial Politik, Bagindo Togar Butar-Butar / Net
Continue Reading

Politik

Pengamat Ini Sebut Jokowi Tak Akan Umumkan Menteri Kabinetnya Besok

Published

on

Direktur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari / Net
Continue Reading

Politik

Bakal Hadiri Pelantikan Jokowi, Sandi: Sudah Tak Ada Lagi 02 dan 01

Published

on

Sandiaga Uno / Net
Continue Reading




Loading…