Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Nasional

MK Mulai Sidangkan 260 Perkara Sengketa Pileg

Published

on

Jakarta,Realitarakyat.com – Mahkamah Konstitusi (MK) mulai menggelar sidang pendahuluan sengketa hasil Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 pada Selasa (9/7/2019) hari ini. Sidang digelar untuk 260 perkara meliputi sejumlah daerah.

“Daerah yang bersengketa antara lain Aceh, Jawa Barat, Jawa Timur, Maluku Utara, dan lain-lain,” tegas Kepala Bagian Humas dan Kerja Sama Dalam Negeri MK Fajar Laksono, Selasa (9/7).

Untuk efisiensi, MK membagi sidang menjadi tiga panel. Panel tersebut dikelompokan berdasarkan provinsi. Misalnya, satu partai mengajukan sepuluh perkara yang berasal dari tiga provinsi, maka, sepuluh perkara tersebut akan dibagi ke tiga panel berbeda.

“Ada panel yang mulai persidangannya pukul 08.00, ada panel yang mulai persidangannya pukul 09.00,” kata Fajar.

Hakim panel I terdiri dari Anwar Usman sebagai ketua, dengan anggota Enny Nurbaningsih dan Arief Hidayat. Panel II diketuai oleh Aswanto, dengan anggota Saldi Isra dan Manahan MP Sitompul.

Sedangkan, Panel III diketuai oleh I Dewa Gede Palguna, dengan anggota Suhartoyo dan Wahiduddin Adams. Untuk diketahui, Mahkamah Konstitusi (MK) menjadwalkan persidangan pendahuluan sengketa hasil Pileg 2019 pada 9-12 Juli 2019.

Dilanjutkan dengan sidang pemeriksaan yang akan digelar 15-30 Juli 2019. Terakhir, pembacaan putusan hasil sengketa diagendakan pada 6-9 Agustus 2019.

Loading...
Baca Juga :   FAHRI HAMZAH DI MUKTAMAR KAMMI: TAFSIR & AKTUALISASI MUSLIM NEGARAWAN HARUS SEGERA DIRUMUSKAN
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Hukum

Di RKUHP, Zina dan Kumpul Kebo Hanya Bisa Diadukan Orang Terdekat

Published

on

Continue Reading

Hukum

RKUHP Atur Penyelenggara Negara Korup Dihukum Lebih Berat

Published

on

Continue Reading

Hukum

Kritik Terhadap Revisi KUHP Dilakukan Secara Sporadis dan Ad Hoc

Published

on

Continue Reading




Loading…