Connect with us

Nasional

KPK Kecewa Atas Vonis Pengadilan Tinggi Untuk Lucas

Published

on

Jakarta, Realitarakyat.com – Juru Bicara KPK Febri Diansyah menyebutkan, pihaknya kecewa atas putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta yang mengurangi hukuman Lucas dari 7 tahun menjadi 5 tahun.

Lucas adalah pengacara mantan Petinggi Lippo Group Eddy Sindoro yang dianggap terbukti menghalangi penyidik KPK. Dengan membantu Eddy Sindoro melarikan diri ke luar negeri.

“Setelah JPU mempelajari, kami kecewa karena hukuman pidana penjara diturunkan menjadi 5 tahun. Kami pandang terdepat kekeliruan penerapan kaidah penyertaan (deelneming) di sana sehingga KPK berencana melakukan upaya hukum kasasi ke MA,” ujar Febri lewat pesan singkat, Senin (1/7/2019).

Febri menambahkan, sebaiknya PT DKI Jakarta memiliki pemahaman yang sama dalam upaya memberantas korupsi, khususnya obstruction of justice dalam kasus Lucas.

Febri menyebutkan, perkara Lucas harus menjadi permasalahan yang serius. KPK berharap lembaga hukum lainnya bersama-sama membangun penegakan hukum.

“Apalagi diduga perbuatan yang menyangkut Lucas sudah direncakan sejak 2016. Sehingga nanti di proses kasasi, KPK sangat berharap pertimbangan yang lebih jernih, substansial, dan adil,” ucapnya.

Sebelumnya, Dilansir dari situs putusan.mahkamahagung.go.id, majelis hakim pada PT DKI menerima permintaan banding yang diajukan oleh penasihat hukum Lucas dan jaksa penuntut umum KPK.

“Mengubah putusan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat sekadar mengenai lamanya pidana yang dijatuhkan kepada terdakwa dengan pidana penjara selama 5 tahun dan denda sebesar Rp 600 juta dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar akan diganti dengan pidana kurungan selama 6 bulan,” demikian bunyi putusan yang ditetapkan Rabu (26/6/2019).

Dalam salah satu pertimbangan majelis hakim tingkat banding, pengurangan vonis Lucas agar menghindari disparitas hukuman antara Lucas dan Eddy. Eddy sendiri dijatuhi vonis 4 tahun penjara. (Bisma Rizal)

Baca Juga :   Rencana Ingin Berbuka Puasa Bersama Istri, Bripka Afrizal Tewas di Tembak Pencuri
Advertisement
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Loading…

#Trending