Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Nasional

KJRI Kuching Tertibkan Dokumen Keimigrasian TKI di Malaysia

Published

on

Bintulu, Realitarakyat.com – Atasi persoalan TKI, Konsulat Jenderal RI di Kuching melakukan pelayanan keimigrasian bagi para Tenaga Kerja Indonesia yang berada di wilayah Bintulu, Sarawak, Malaysia pada Sabtu-Minggu (29-30/6/2019).

Proses pengambilan data biometrik berupa foto dan sidik jari sekaligus wawancara dilakukan di ladang perkebunan kelapa sawit tempat para TKI bekerja. Pelayanan dilakukan di hari Sabtu-Minggu pada saat TKI libur bekerja.

Konsul Jenderal RI di Kuching Yonny Tri Prayitno melalui Staf Teknis Imigrasi pada KJRI Kuching, Ronny Fajar Purba mengatakan bahwa tujuan pelayanan ini untuk menertibkan dokumen keimigrasian bagi para TKI. Pelayanan ini sekaligus menjadi wujud kehadiran negara dalam perlindungan terhadap WNI utamanya dalam pencegahan TKI Nonprosedur di luar negeri.

“Kami hadir dengan sistem jemput bola untuk mendatangi para TKI langsung di ladang tempat mereka bekerja sehingga tidak perlu jauh-jauh ke kantor KJRI di Kuching, ” ujarnya.

Ronny menegaskan bahwa penerbitan paspor menjadi solusi atas beberapa permasalahan yang kerap terjadi pada TKI di luar negeri. Ronny juga berpesan agar TKI taat pada aturan hukum di Malaysia.

Menurut data pihak Imigresen Malaysia, saat ini terdapat 154.864 TKI yang bekerja di wilayah Sarawak. Jumlah ini merupakan 95 persen dari total pekerja asing di Sarawak. Sementara itu terdapat sekitar 20 ribu TKI ilegal yang tinggal dan bekerja di Sarawak.

Selama Januari – Juni 2019, KJRI Kuching telah melaksanakan pelayanan jemput bola bagi WNI sebanyak 12x dengan jumlah WNI yang telah dilayani sebanyak 1.639 pemohon.

Di samping itu, KJRI Kuching juga telah memulangkan sejumlah 284 orang TKI yang bermasalah dengan hukum di Malaysia. Pelanggaran hukum yang dilakukan seperti overstay, tidak memiliki paspor, dan memalsukan cap paspor. Mereka dipulangkan melalui Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Entikong, Sanggau, Kalimantan Barat.

Baca Juga :   Jusuf Kalla: KPK Tidak Butuh Izin Presiden Jokowi Periksa Setya Novanto
Advertisement
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Nasional

Soal Revisi UU KPK, Rocky Gerung: Orkrestra Pelemahan yang Dipimpin Presiden

Published

on

Continue Reading

Nasional

Rapat Perdana Hari Ini, Pansus Pemindahan Ibukota Negara Bahas Sumber Pembiayaan

Published

on

Ketua Pansus Pemindahan Ibukota Negara DPR, Zainudin Amali. (foto: ist/net)
Continue Reading

Nasional

Minimal Usia 19 Tahun Batas Perkawinan Bagi Perempuan

Published

on

Rapat Paripurna DPR yang dipimpin Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah menyetujui Rancangan Undang Undang tentang Perubahan atas Undang Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan / Ist
Continue Reading
Loading...




Loading…