Connect with us

Nasional

Syarifah Aziziah Wakili NTB, Mendikbud Akan Berikan Hadiah Penghargaan Bagi Guru Berprestasi

Published

on

Jakarta,Realitarakyat.com – Pendidikan berkualitas merupakan keniscayaan bagi terciptanya anak bangsa yang cerdas dan berkarakter, yang menjadi tumpuan kemajuan Indonesia di masa depan.

Kualitas pendidikan tidak dapat terlepas dari fungsi dan peran para pendidik dan tenaga kependidikan. Merekalah ujung tombak sektor pendidikan di Tanah Air.

Oleh sebab itu, wajar jika Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para Guru dan Tenaga Kependidikan ( GTK).

“Apresiasi diberikan bagi para guru dan tenaga kependidikan yang berprestasi dan dinilai layak mendapatkan penghargaan.” kata Plt. Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Hamid Muhammad melalui pernyataan tertulis, Rabu (26/6/2019).

Salah satu bentuk penghargaan yang diberikan kepada para GTK ialah melalui pemilihan guru dan tenaga kependidikan berprestasi dan berdedikasi tingkat nasional yang dilaksanakan setiap tahun.

Untuk tahun ini, penghargaan bagi guru berprestasi dan berdedikasi akan diberikan kepada guru mulai dari jenjang pendidikan anak usia dini sampai jenjang pendidikan menengah.

Sementara, penghargaan tenaga kependidikan berprestasi dan berdedikasi akan diberikan kepada kepala sekolah, tenaga laboratorium, pengawas sekolah petugas perpustakaan dan tenaga administrasi sekolah di semua jenjang.

“Pemilihan Guru dan Tenaga Kependidikan Berprestasi dan berdedikasi merupakan bukti kepedulian Kemendikbud pada mereka yang menunjukkan kinerja lebih dalam bidangnya masing-masing,” ujarnya.

Tahapan seleksi

Sebelum sampai pada pemilihan tingkat nasional, peserta yang telah memenuhi syarat akademik dan administratif lebih dulu harus melewati beberapa tahapan.

Tahapan pemilihan dilakukan secara bertahap mulai dari tingkat sekolah, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, dan berujung pada tingkat nasional.

Pemerintah berharap dapat memotivasi dan meningkatkan profesionalisme guru dan tenaga kependidikan hingga berujung pada peningkatan kualitas pendidikan nasional.

Baca Juga :   DPR Desak Menkes RI Data Anak-Anak yang Belum Dapat Imunisasi

“Pun dengan penghargaan terhadap guru dan tenaga kependidikan, sebagai bukti pemerintah sangat peduli terhadap jerih payah mereka yang telah menunjukkan kinerja yang lebih dari pada yang lain,” kata dia.

Acara ini akan diselenggarakan pada tanggal 3 sampai 6 Juli 2019 di Tengerang.

Ditempat terpisah, Salah satu Peserta yang terpilih dari Provinsi NTB, Syarifah Aziziah guru SMPN 1 Kota Mataram mengatakan,

Lima ribu lebih Tenaga Guru pengajar Se Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) hanya Empat orang Guru yang lolos terpilih di ajang Lomba Pemilihan Guru dan Tenaga Pendidikan Berprestasi Tingkat Nasional di Jakarta.

Ke Empat guru tersebut salahsatu nya Syarifah Aziziah Guru SMPN 1 Mataram.

Kepada Realitarakyat.com, Syarifah Aziziah mengatakan bangga dan terharu bisa terpilih menjadi salahsatu peserta.

“Alhamdulilah saya sangat bangga, dan semoga apa yang saya dapat dari acara tersebut menambah bekal pengetahuan saya dan bisa saya terapkan di sekolah,” Ucapnya Saat di minta tanggapannya terkait salah satu peserta tersebut.

Aziziah panggilan akrabnya, mengatakan, selain bangga jadi peserta, beliau juga terharu bisa mewakili 5 ribu lebih Tenaga Guru pengajar Se NTB.

“Khusus dari Pemerintah Kota Mataram, hanya saya Sendiri, dan Dari Provinsi NTB kami hanya 4 orang,” Ucapnya.(Nanang)

Advertisement
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Loading…

#Trending