Connect with us

Daerah

Pemkot Tanjung Balai Belum Siap Salurkan Dana Kelurahan

Published

on

TANJUNG BALAI, Realitarakyat.com– Dana Kelurahan 2019 sudah masuk Kas Daerah Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjung Balai. Namun, dana dari Anggaran Pendapat Belanja Negara (APBN) ini belum disalurkan ke Kelurahan yang ada di Kota ‘Kerang’ ini.

Alasannya, Pemkot Tanjung Balai belum selesai menyusun petunjuk teknis (juknis) termasuk perangkat pengelolanya di kelurahan. “Dananya sudah masuk ke Kas Daerah. Namun, belum disalurkan karena kita tidak ingin Lurah dan perangkat pengelola tersandung hukum,” kata Kepala Bidang Anggaran di Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Tanjung Balai, Erwin Parlindungan, Selasa (25/6).

Untuk itu, jelas Erwin, benahi dulu perangkat untuk mengelolanya agar jangan sampai salah sasaran. Penyerahan dana itu ke kelurahan harus mengacu kepada aturan main tentang pengelolaan keuangan daerah.

Selain itu, pemerintah juga harus mempersiapkan perangkat kelurahan seperti pelaksana teknis agar tidak menimbulkan ketakutan. “Selain itu, terlebih dahulu juga harus ditentukan kreteria kelurahan sesuai dengan kinerja pelayanan dasar publik yakni perlu ditingkatkan dan sangat perlu
ditingkatkan. Besaran dana kelurahan disesuaikan dengan kriteria
pelayanan dasar publiknya.”

Erwin tidak dapat memastikan, kapan dana kelurahan itu disalurkan.
Pemkot belum mau menyalurkan dana itu walau sekarang sudah pertengahan tahun. Akibatnya, 31 Kelurahan di Tanjung Balai tak nyaman karena dicurigai warga telah menyalahgunakan dana itu.

“Sampai saat ini, kita belum menerima dana untuk kelurahan. Untuk lebih jelas, coba tanya langsung ke Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Pemkot,” kata Lurah Kelurahan Pahang, Kecamatan Datuk, Fitra Adi yang dihubungi melalui HP.

Hal senada juga diungkapkan sejumlah lurah lainnya saat dihubungi secara terpisah. Bahkan, para lurah ini mengaku setiap hari ada saja masyarakat yang datang ke kelurahan hanya menanyakan dana kelurahan itu. Juga diperoleh keterangan, dana kelurahan 2019 telah dikucurkan April lalu. Pengelolaannya mirip dana desa. (ign)

Baca Juga :   Jaksa Segera Tetapkan Tersangka Kasus Rp 35 Miliar
Advertisement
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Loading…

#Trending