Connect with us

Daerah

IAIN Langsa dan IKAT Lakukan Kerjasama Pengabdian Masyarakat

Published

on

LANGSA, Realitarakyat.com– Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa dan Ikatan Alumni Timur Tengah (IKAT) Aceh kerjasama pengabdian masyarakat yang tertuang dalam naskah No: 848/In.24/I/PP.00.9/6/2019 dan No: 07/MoU/IKAT-Aceh/VI/2019 ditanda tangani kedua pihak di Ruang Rektor IAIN Langsa, Selasa (27/6).

Rektor IAIN Langsa, Dr H Basri mengatakan, kerjasama ini sudah lama dibicarakan, terutama dalam bidang pendidikan dan pengabdian masyarakat. Soalnya, IAIN Langsa banyak tenaga pendidik alumni Timur Tengah yang selama ini memang telah melakukan pengabdian. “Namun, karena tututan administrasi dilakukan MoU,” kata dia.

Sebagai lembaga pendidikan yang menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi tentu harus melaksanakan pengabdian kepada masyarakat. “Kita berharap dapat terus bersinergi dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat,” harap Rektor.

Dijelaskan, saat ini kemampuan masyarakat untuk membaca dan menghafal Alqur’an mungkin hanya sebatas serimonial saja. “Untuk itu, kehadiran IKAT dan IAIN Langsa dapat membumikan Alqur’an tidak hanya sebatas serimonial, namun lebih pada aplikasi isi kandungan Alqur’an,” ujar dia.

Dikatakan, secara umum pelaksanaan Syariat Islam di Aceh masih terbatas pada beberapa persoalan. Diharapkan melalui kerjasama dapat memberikan masukan kepada Pemerintah untuk percepatan pelaksanaan Syariat Islam secara kaffah. “Kami gembira dengan MoU in,” ungkap Basri.

Ketua IKAT Aceh, Muhammad Fadhil Rahmi menyebutkan, selama ini pihaknya berkolaborasi dengan beberapa lembaga perguruan tinggi dan Pemda yang dibangun diantaranya bidang ilmu mawaris, tahsin Alqur’an, bahasa, terjemah dan tajhiz mayit. “Kagiatan sudah kita lakukan dengan Perguruan Tinggi, Pemda, dayah dan tokoh masyarakat,” tutur Fadhil.

Dia berharap, keberadaan IKAT dapat bahu membahu dengan semua kekuatan elemen yang ada dikampus untuk kemajuan dunia pendidikan. “Semoga kerjasama ini akan terus berlanjut dengan berharap ridha dari Allah SWT,” pungkas Fadhil.

Baca Juga :   Kemensos Salurkan Batuan Di Gianyar Bali Sebesar Rp300.700.000 Untuk 34 Penyandang Disbilitas Tuna Netra

Turut hadir dalam acara itu pimpinan rektorat, Kepala Lembaga Pengabdian dan Penelitian Masyarakat, Sekretaris Lembaga Pengabdian dan Penelitian Masyarakat, sejumlah Kepala Sub Bagian, pengurus IKAT Aceh dan IKAT Kota Langsa. (MS)

Advertisement
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Loading…

#Trending