Connect with us

Daerah

Kota Tanjung Balai Belum Terima Dana Kelurahan 2019

Published

on

TANJUNG BALAI, Realitarakyat.com– Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjung Balai belum menerima dana bantuan kelurahan. Akibatnya, 31 kelurahan yang ada di Kota Tanjung Balai merasa tidak nyaman kerja karena dicurigai warga telah menyalahgunakan dana untuk kelurahan tersebut.

“Sampai saat ini, kita belum menerima dana kelurahan dari pusat. Untuk lebih jelas, tanyakan langsung ke Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Pemkot Tanjung Balai. Hampir setiap hari ada saja warga yang datang hanya menanyakan dana kelurahan,” kata Fitra Adi, Lurah Pahang, Kecamatan Datuk Bandar, Tanjung Balai, Senin (24/6).

Kabag Humas dan Protokol Setdakot Tanjung Balai, Darwansyah Merta Wijaya mengaku, dana bantuan kelurahan itu belum diterima Pemkot Tanjung Balai. Pemkot masih melakukan pembenahan perangkat kelurahan sebagai persiapan untuk menerima kucuran anggaran kelurahan dari Pusat.

“Setahu saya, dana kelurahan untuk Tanjung Balai belum cair karena Pemkot belum memiliki dana pendamping termasuk perangkat di kelurahan. Pemkot masih melakukan pembenahan perangkat di kelurahan agar jangan terjadi penyimpangan pengelolaan dana itu,” ujar Darwansyah.

Keterangan lain mengatakan, dana kelurahan 2019 telah dikucurkan Pusat April lalu. Pengelolaannya mirip Alokasi Dana Desa (ADD). Ada 8.212 kelurahan di Indonesia yang mendapatkan dana itu dari Pemerintah Pusat yang dimasukan dalam postur Dana Alokasi Umum (DAU) tambahan.

Informasi dari Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan (Kemenkeu), dana yang diterima masing-masing kelurahan berbeda-beda. Besarnya berdasarkan kinerja pelayanan dasar publik, yaitu kategori baik, perlu ditingkatkan dan sangat perlu ditingkatkan.

Untuk kategori baik 2.805 kelurahan dan mendapatkan Rp 352,9 juta. Untuk kategori perlu ditingkatkan 4.782 kelurahan, masing-masing kelurahan menerima Rp 370,1 juta, kategori sangat perlu ditingkatkan 625 kelurahan dan masing-masing mendapatkan Rp 384 juta. Sayangnya, dana bantuan kelurahan itu belum sampai di Tanjung Balai. (ign)

Baca Juga :   Kejati NTT Evaluasi Kasus Korupsi Yang Divonis Bebas
Advertisement
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Loading…

#Trending