Connect with us

TNI -POLRI

Inilah Alasan Polisi Tidak Menahan Penceramah yang Sebarkan Hoaks KPPS Meningal Akibat Diracun

Published

on

Bandung, Realitarakyat.com – Penceramah Rahmat Baequni kini bisa menghirup udara bebas setelah Polda Jabar tidak menahan tersangka kasus penyebaran hoaks KPPS meninggal dunia akibat diracun.

Polisi berdalih ancaman hukuman tersangka kasus hoaks itu di bawah lima tahun, sehingga tidak ditahan.

Dirreskrimsus Polda Jabar, Kombes Pol Samudi mengatakan, tersangka tidak ditahan karena kasus penyebaran hoak KPPS meninggal diracun ancaman hukumannya di bawah lima tahun.

Meski demikian, kata dia, proses hukum terhadap tersangka tetap berjalan. “Setelah kita gelar perkara, kasus RB dikenakan pasal 14 ayat 2 ancaman hukumannya tidak sampai lima tahun, sehingga tidak dilakukan penahanan. Namun, proses hukumnya tetap berjalan,” kata Samudi ditemui pada rangkaian acara HUT ke-73 Bhayangkara di kawasan Cihanjuang, Bandung Barat, Minggu (23/6/2019).

Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Rudy Sufahriadi menegaskan jajarannya akan menindak tegas kepada siapa pun yang menyebar berita bohong atau hoaks sesuai aturan hukum yang berlaku.

“Hoaks yang telah merugikan masyarakat banyak dan melanggar hukum pasti saya akan lakukan sesuai hukum yang berlaku. Ini berlaku bagi siapa saja,” ucapnya.

Kapolda kemudian meminta masyarakat agar tetap menjaga persatuan dan kesatuan pasca-Pemilu 2019. “Paling utama jaga persatuan dan kesatuan bangsa,” ucapnya.

Sebelumnya, Rahmat Baequni dibawa ke Polda Jawa Barat (Jabar) untuk agenda pemeriksaan. Petugas membawanya usai dia berdakwah di Masjid Al-Lathiif, Kota Bandung pada Kamis (20/6/2019) malam.

Rahmat ditangkap setelah hasil patroli Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, telah menemukan video ujaran hoaks terkait KPPS meninggal diracun yang diduga dilakukan oleh Rahmat Baequni.

Saat ini berkas laporan tersebut telah dilimpahkan ke Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jabar karena video tersebut diduga berlokasi di wilayah hukumnya.(Ujang S)

Baca Juga :   ‎Dansatgas TMMD Serahkan Al-Quran di Dayah Pante Rambung
Advertisement
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Loading…

#Trending