Connect with us

Luar Negeri

Orang Terkaya Di Taiwan Ini Mundur Sebagai Capres

Published

on

Terry Gou memutuskan untuk mundur sebagai Capres

Taipei, Realitarakyat.com – Terry Gou memutuskan untuk mundur sebagai Chairman Foxconn. Keputusan tersebut semakin memantapkan niatnya untuk maju sebagai calon presiden Taiwan.
Dikutip dari Forbes, Sabtu (22/6/2019), pengunduran diri orang terkaya di Taiwan itu sudah direstui para pemegang saham Foxconn, perusahaan manufaktur elektronik terbesar di dunia. Dia dipastikan lengser secara efektif pada 1 Juli dan digantikan oleh Liu Yong yang menjabat sebagai GM Foxconn unit semikonduktor.

Gou merupakan miliarder yang tajir setelah perusahaannya yang didirikan sejak 45 tahun lalu itu menjelma menjadi manufaktur raksasa elektronik. Foxconn selama ini dikenal menjadi pemasok produk-produk seperti Apple, Huawei, dan merek-merek IT ternama lainnya.

Gou memutuskan terjun ke dunia politik untuk menantang sang inkumben, Tsai Ing Wen. Presiden perempuan Taiwan itu kembali dinominasikan Partai Progresif Demokratik sebagai calon presiden untuk kedua kalinya. Sementara Gou akan menjadi capres dari Partai Nasionalis.

Presiden Yuanta-Polaris Research Institute, Liang Kuo Yan memperkirakan, partai oposisi akan mengumumkan pencalonan Gou pada bulan depan. Jika terpilih menjadi presiden, pengaruh Gou akan memudar meski manajemen baru akan tetap membutuhkan petuah darinya, terutama saat mengambil keputusan sulit.

“Untuk banyal hal, bila diperlukan, mereka akan meminta sarannya,” kata Liang.

Liu Yong yang didaulat menjadi Chairman Foxconn dikenal dekat dengan Gou. Lulusan fisika elektro yang pernah bekerja di Hewlett-Packard itu adalah asisten spesial Gou di Foxconn. Dia bergabung bersama Gou pada tahun 2000.(Hasyim)

Baca Juga :   22 Prajurit TNI Pasukan Perdamaian di Kongo Naik Pangkat
Advertisement
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Loading…

#Trending