Connect with us

Nasional

Inilah Pesan yang Akan Disampaikan Jokowi di KTT Asean Bangkok

Published

on

Bangkok, Realitarakyat.com – Presiden Jokowi dan rombongan telah tiba di acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-34 ASEAN di Bangkok, Thailand.

Dalam pertemuan antara negara-negara di Asia Tenggara ini, Jokowi akan mendorong ASEAN untuk tetap bersatu dan kokoh dalam menyikapi situasi dunia serta perkembangan global yang sangat dinamis saat ini yang tentunya akan membawa pengaruh bagi kawasan Asia Tenggara.

Presiden akan mendorong agar negara-negara anggota ASEAN menyepakati Pandangan Bersama tentang konsep Indo-Pasifik ASEAN karena konsep ini sangat penting untuk menjaga perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran di kawasan Asia Tenggara yang telah berlangsung dengan baik di tengah dinamika geopolitik yang berkembang cepat, dikutip dari siaran resmi Sektretariat Kabinet.

Selain itu, dalam pertemuan ini Jokowi juga akan mengingatkan komitmen terhadap penyelesaian negosiasi Kerja Sama Ekonomi Komprehensif Regional (Regional Comprehensive Economic Partnership/RCEP) yang dinilai penting untuk ditingkatkan dalam merespons perkembangan ekonomi dunia.

Perdagangan dunia tengah dilanda praktik proteksionisme dan perang dagang antarnegara yang mengganggu rantai pasokan global dan pasar keuangan di penjuru dunia.

Isu lainnya yang akan diangkat oleh Presiden Jokowi adalah persoalan Rakhine State. Ia juga dijadwalkan akan melakukan pertemuan bilateral dengan beberapa pimpinan negara ASEAN.(Wahyu)

Baca Juga :   Real Count Situng KPU per Pukul 17,00 Wib Jokowi -Amin makin melejit meninggalkan Prabowo - Sandi
Advertisement
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Loading…

#Trending