Connect with us

Daerah

Kasus HIV/AIDS di Manggarai Timur Naik Signifikan

Published

on

MANGGARAI TIMUR, Realitarakyat.com– Kasus HIV/AIDS di Kabupaten Manggarai Timur (Matim) Nusa Tenggara Timur (NTT) dalam 10 tahun terakhir mengalami peningkatan signifikan.

“Tahun lalu tercatat 109 kasus yakni HIV (55), AIDS (54) dan 41 diantaranya meninggal,” kata Bupati Matim, Agas Andreas dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Administrasi Umum Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Matim, Jahang Fansi Aldus pada Rapat Koordinasi Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Matim dengan Pemprov NTT di Ruang Rapat Pemkab Matim, pekan ini.

Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah melalui KPA AIDS mulai dari pencegahan, perawatan sampai kepada menciptakan lingkungan kondusif.
“Kegiatan itu untuk mencegah infeksi baru, kematian, menghilangkan stigma, disknaminasi terkait HIV/AIDS dan peningkatan kwalitas hidup Orang Dengan HlV/AIDS (ODHA),” tutur Jahang

HIV/AIDS di NTT yang dirilis Dinas Kesehatan NTT 1997-2018 yang dilaporkan 16.191 kasus dengan perincian HIV (12.950 kasus) dan AIDS 3.241 kasus dan 1.356 penderita meninggal.

Untuk mencapai target pelaksanaan pencegahan dan penanggulangan HlV/AIDS, kata Jahang, dilaksanakan rapat koordinasi. Dalam rapat ini dibahas permasalahan, tantangan dan penanggulangan yang harus dilakukan. (efren)

Baca Juga :   Mobil Dinas KPU Labusel Tabrakan
Advertisement
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Loading…

#Trending