Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Luar Negeri

Parlemen Arab Saudi Desak PBB Masukkan Pemberontak Houthi ke Daftar Kelompok Teroris

Published

on

New York, Realitarakyat.com – Anggota parlemen Arab Saudi mendesak PBB untuk mendaftarkan gerakan pemberontak Houthi Yaman sebagai organisasi teroris. Hal itu dilakukan setelah pemberontak Houthi dituduh melakukan serangan ke Arab Saudi.

Pemberontak Houthi mengintensifkan serangan dalam beberapa pekan terakhir terhadap kerajaan, yang meluncurkan operasi militer di Yaman pada 2015 sebagai bagian dari koalisi untuk melawan pemberontak Syiah.

Pemberontak Houthi

“(Parlemen Liga Arab) memutuskan untuk meminta PBB dan Dewan Keamanan untuk mengambil posisi tegas dan segera dengan mengklasifikasikan milisi Houthi sebagai organisasi teroris,” demikian pernyataan parlemen Saudi, seperti dilaporkan Arabsaudinews, Kamis (20/6/2019).

“Pemberontak Houthi secara teratur menargetkan infrastruktur sipil dan vital di Arab Saudi dengan rudal balistik atau drone.”

Pada 12 Juni, sebuah rudal ditembakkan ke Bandara Abha di barat daya Arab Saudi, melukai puluhan warga sipil. Serangan itu diklaim oleh pemberontak Houthi.

Houthi juga mengklaim bertanggung jawab atas serangkaian serangan drone di Arab Saudi, termasuk serangan yang merusak dua stasiun pompa pipa minyak pada 14 Mei.

Saudi menuduh musuh bebuyutannya, Iran, berada di belakang serangan itu, baik secara langsung atau melalui mendukung pemberontak Houthi.

Konflik di Yaman saat ini telah menewaskan puluhan ribu orang, kebanyakan dari mereka warga sipil, sementara 3,3 juta orang masih mengungsi dan 24,1 juta membutuhkan bantuan.(Hasyim)

Baca Juga :   Rumah Sakit Indonesia Rusak, Jokowi Kecam Israel
Advertisement
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Luar Negeri

Korsel Kembangkan Sistem Anti-Drone

Published

on

Continue Reading

Luar Negeri

50 Orang Tewas Akibat Kereta Anjlok

Published

on

Continue Reading

Luar Negeri

Bashir Sembunyikan Uang Jutaan Uero di Istana

Published

on

Bekas Presiden Sudan, Omar al-Bashir / Net
Continue Reading
Loading...




Loading…