Connect with us

Nasional

IMB Pulau Reklamasi, NasDem Anggap Wajar Usulan Hak Interpelasi Ke Anies

Published

on

Jakarta, Realitarakyat.com – Fraksi Partai NasDem DPRD DKI Jakarta mengusulkan agar Wakil Rakyat di Kebon Sirih mengajukan hak interpelasi kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Usulan itu disamapaikan Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta, Bestari Barus saat dihubungi Realitarakyat.com, Senin (17/6/2019).

Disampaikan Bestari, interpelasi lantaran DPRD DKI perlu penjelasan terkait penerbitan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Pulau Reklamasi yang dikeluarkan oleh Gubernur Anies.

“Itu hal yang wajar dan biasa saja untuk dapatkan jawaban dari gubernur. (Interpelasi) terkait fungsi konrtrol DPRD DKI,” kata Bestari.

Sejauh ini, kata dia, banyak anggota DPRD DKI lainnya yang setuju atas usulnya. “Masih bergulir perlu lobi-lobi, tapi kelihatannya banyak yang tidak menolak,” kata dia.

Sebelumnya, Anies menegaskan telah menghentikan proyek pembangunan di pulau reklamasi. Anies mengatakan, IMB yang terbit berbeda dengan kebijakannya terkait penghentian pulau reklamasi.

“Dikeluarkan atau tidak IMB, kegiatan reklamasi telah dihentikan. Jadi, IMB dan reklamasi adalah dua hal yang berbeda,” kata Anies melalui keterangan tertulis, Kamis (13/6/2019).

Anies mengaku alasannya menerbitkan IMB itu adalah harus mematuhi produk hukum sebelumnya, yaitu Peraturan Gubernur No 206 Tahun 2016 tentang Panduan Rancang Kota (PRK). Dia mengatakan pergub tersebut turunan dari Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2005 tentang Pengadaan Tanah bagi Pelaksanaan Pembangunan untuk Kepentingan Umum. [ipunk]

Baca Juga :   Inilah 9 Pansel KPK yang Ditunjuk Presiden Jokowi
Advertisement
Loading...
Loading…