Connect with us

Nasional

Sidang MK, Kubu Prabowo-Sandi Gunakan Tautan Berita Sebagai Alat Bukti

Published

on

Jakarta, Realitarakyat.com – Sejumlah tautan berita media massa digunakan tim hukum calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno sebagai bukti gugatan sengketa hasil Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK).

Hal itu diketahui saat kuasa hukum Prabowo-Sandi, Denny Indrayana menyampaikan materi permohonan gugatan dalam persidangan di Gedung MK, Jakarta, Jumat (14/6/2019).

Denny mengatakan jika keliru kalau ada yang menyebut tautan berita bukanlah alat bukti, sebagaimana dalam beberapa waktu terakhir yang dipropagandakan.

Merujuk pada Pasal 36 ayat 1 UU MK, Denny mengatakan tautan berita minimal bisa masuk kepada alat bukti surat atau tulisan, petunjuk, atau alat bukti lain berupa informasi yang diucapkan, dikirimkan, diterima, atau disimpan secara elektronik.

Tautan berita, lanjut Denny, diambil dari media massa utama yang tidak diragukan kredibilitasnya.

Tim hukum Prabowo-Sandi meyakini isi berita tersebut, dan menghormati sistem kerja media massa yang telah melakukan check and recheck sebelum mempublikasikan berita. Apalagi, menurut Denny, sebagian besar dari tautan itu adalah peristiwa fakta yang tidak dibantah oleh yang diberitakan, sehingga diakui kebenarannya, mempunyai nilai bukti sebagai pengakuan.

“Kekuatan alat bukti tersebut kami serahkan sepenuhnya kepada Majelis Hakim Konstitusi Yang Mulia untuk menilainya,” kata Denny. [ipunk]

Baca Juga :   Pendidikan Agama Penting Di Revisi untuk Menangkal post-truth
Advertisement
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

#Trending