Connect with us

Nasional

Akhirnya Rommy Ungkap Peran Menag Dalam Kasus Jual Beli Jabatan

Published

on

Jakarta, Realitarakyat.com – Setelah mendekam di tahanan, akhirnya mantan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), M Romahurmuziy alias Romi mengungkap peran Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin terkait dugaan suap jual beli jabatan di Kemenag.

Dalam pengakuannya, Romi menjelaskan, Lukman memang berkewenangan dalam menerbitkan surat keputusan (SK) penetapan jabatan di Kemenag.

“Kalau mau menyatakan (Lukman) terlibat atau tidak (dalam jual beli jabatan) justru pertanyaannya yang salah. Memang yang punya SK kan Menteri Agama,” kata Romi selepas menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Setiabudi, Jakarta Selatan, Jumat (14/6/2019).

Selain itu, Romi juga tak membantah, bahwa dirinya telah merekomendasikan kepada Lukman agar mengangkat Haris Hasanuddin sebagai Kakanwil Kemenag Jawa Timur. Padahal ia pun mengetahui bahwa Haris pernah menerima hukuman disiplin.

“Saya sering berkeliling nusantara, dan tidak jarang saya menerima masukan dari berbagai pihak yang mengusulkan sejumlah nama, dan nama-nama itu saya usulkan ke Pak Menteri sebagai kewajiban saya sebagai anggota DPR,” pungkasnya.

Ia pun mengakui dari sejumlah nama yang ia rekomendasikan tak sedikit berhasil masuk sesuai rekomendasinya. Namun, ada pula beberapa yang ditolak. Ia pun membantah jika nama-nama yang ia rekomendasikan diistilahkan sebagai titipan.

Untuk diketahui, KPK menetapkan Romi sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap pengisian jabatan di Kemenag. Ia diduga menerima suap sebesar Rp300 juta terkait seleksi jabatan di lingkungan Kemenag tahun 2018-2019.

Baca Juga :   Presidium FORHATI Minta DPR Tolak LGBT
Advertisement
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

#Trending