Connect with us

Luar Negeri

AL Amerika Sebut 2 Kapal Tanker Diserang Ditekuk Oman, Iran : Itu Akibat Kecelakaan

Published

on

Jakarta, Realitarakyat.com – Kapal perang Amerika Serikat (AS) dari Armada Kelima Angkatan Laut (AL) menerima panggilan darurat adanya dua kapal yang diserang di Teluk Oman, Kamis (13/6/2019).

Dalam pernyataan, Armada Kelima yang berbasis di Bahrain mengungkap, serangan ditujukan terhadap kapal tanker.

“Pasukan AL AS di kawasan menerima dua panggilan darurat terpisah pada pukul 06.12 waktu setempat dan pukul 07.00,” bunyi pernyataan, sebagaimana dilaporkan AFP.

Kapal-kapal AL AS yang berlayar di sekitar lokasi berupaya memberikan bantuan.

Sementara itu dalam laporan terpisah, Angkatan Laut Iran menyelamatkan 44 kru dari dua kapal tanker yang terbakar akibat kecelakaan di Laut Oman.

Kantor berita Iran, IRNA, melaporkan, dua kapal tanker tersebut terlibat kecelakaan, namun tak dijelaskan secara detail apakah mereka bertabrakan atau mengalami kecelakaan terpisah.

“Sebanyak 44 kru dari dua kapal tanker asing yang terlibat kecelakaan pada pagi ini di Laut Oman telah diselamatkan dari perairan oleh unit penyelamat (AL) Provinsi Hormozgan dan dipindahkan ke pelabuhan di Bandar e-Jask,” demikian laporan IRNA, yang mengutip pernyataan sumber pejabat setempat.

Peristiwa ini terjadi di tengah tegangnya hubungan AS dan Iran. Sebelumnya empat kapal tanker, dua di antaranya milik Arab Saudi, diserang menggunakan ranjau di dekat perairan Uni Emirat Arab.

AS menuding Iran berada di balik serangan itu, namun dibantah. Tak lama berselang, stasiun pompa minyak Arab Saudi diserang menggunakan drone oleh pemberontak Houthi dari Yaman. Serangan itu menyebabkan penghentian sementara pasokan minyak dari pipa yang menghubungkan dengan fasilitasi di Laut Merah itu.

Houthi disebut-sebut mendapat dukungan persenjataan dari Iran.(Hasyim)

Baca Juga :   Erdogan Tunjuk Menantunya Jadi Menteri Keuangan
Advertisement
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

#Trending