Connect with us

Politik

Sofyan Jacob Diperiksa pada Senin Depan

Published

on

Jakarta,Realitarakyat.com. – Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono menegaskan jika penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) telah menjadwal ulang pemeriksaan mantan Kapolda Metro Jaya Komisaris Jenderal (Purn) Polisi Mochammad Sofyan Jacob.

Sofyan Jacob akan diperiksa perdana sebagai tersangka dugaan makar pada Senin (17/6) minggu depan. Sebelumnya pada Senin (10/6), Sofyan mangkir dari pemeriksaan karena alasan sakit.

“Jadi, pemeriksaan Pak Sofyan dijadwal ulang pada Senin tanggal 17 Juni minggu depan,” tegas Argo, Selasa (11/6).

Menurut Argo, sebelumnya dalam kasus ini kepolisian telah memeriksa sejumlah saksi. Sofyan pun diketahui juga telah diperiksa sebagai saksi.

Hasil pemeriksaan itu menunjukan Sofyan diduga kuat telah melakukan tindakan makar atas ucapannya dalam sebuah rekaman video. Namun, Argo belum bisa menjelaskan lebih lanjut seperti apa tindakan tersebut. ia menyerahkan semuanya kepada penyidik. “Bukti makar itu ada pada ucapan dalam bentuk video,” jelas Argo.

Sofyan ditetapkan sebagai tersangka pada 29 Mei setelah gelar perkara dilakukan. Ia sebelumnya dilaporkan oleh orang yang sama dengan pelapor Eggi Sudjana dan Kivlan Zen.

Dalam kasus ini Sofyan disangkakan melanggar Pasal 107 KUHP dan atau 110 KUHP juncto Pasal 87 KUHP dan atau Pasal 14 ayat 1 dan ayat 2 dan atau Pasal 15 Undang-Undang (UU) Nomor 1 Tahun 1946 Tentang Peraturan Hukum Pidana.

Dia diduga melakukan kejahatan terhadap keamanan negara atau makar, menyiarkan suatu berita yang dapat menimbulkan keonaran di kalangan masyarakat, atau menyiarkan kabar yang tidak pasti. (mm)

Baca Juga :   Didampingi Hetifah, Airlangga Gelar Konsolidasi Golkar di Balikpapan.
Advertisement
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Loading…

#Trending