Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Luar Negeri

Amerika Abaikan Perjanjian Kongres, Trump Jual Senjata Ke Arab Saudi dan UEA

Published

on

Washington, Realitarakyat.com – Pemerintahan Presiden Donald Trump mengabaikan izin Kongres untuk menjual senjata ke Arab Saudi, Uni Emirat Arab (UEA), dan Yordania senilai US$ 8,1 miliar dengan alasan ancaman dari Iran.

Pada Jumat (24/5), Senator Robert Menendez dari partai Demokrat mengatakan tindakan Trump seolah menepis kekhawatiran anggota parlemen tentang kemungkinan penggunaan senjata AS terhadap warga sipil di Yaman.

Menendez yang memimpin di Komite Hubungan Luar Negeri Senat, telah menggunakan kewenangannya untuk memblokir penjualan puluhan ribu bom berpemandu presisi ke Arab Saudi dan UEA. Dia khawatir senjata maut itu akan berkontribusi pada krisis kemanusiaan di Yaman, tempat sekutu AS melancarkan serangan.

Menurut kantor Menendez, pemerintah Trump memberi tahu para pembuat undang-undang bahwa pihaknya akan melakukan peninjauan kembali secara hukum oleh Kongres untuk menyetujui penjualan sebagai bagian dari total 22 transaksi senjata ke Arab Saudi, UEA dan negara-negara lain. Pemerintah AS membahayakan penjualan senjata dengan melewati prosedur Kongres.

Loading...

“Saya kecewa, tetapi tidak terkejut, bahwa pemerintahan Trump telah gagal sekali lagi untuk memprioritaskan kepentingan keamanan nasional jangka panjang kami atau membela hak asasi manusia, dan sebaliknya memberikan bantuan kepada negara-negara otoriter seperti Arab Saudi,” kata Menendez.

Pada Jumat (24/5), Trump mengatakan dia mengerahkan 1.500 tentara AS tambahan ke wilayah itu untuk melawan Iran. Pengerahan pasukan itu merupakan bagian dari tekanan utama AS untuk meredam pengaruh Teheran di Timur Tengah.

Anggota Kongres telah memblokir penjualan peralatan militer ofensif ke Arab Saudi dan UEA selama berbulan-bulan. Kongres AS marah tentang banyaknya korban sipil dari serangan udara mereka di Yaman, serta pelanggaran hak asasi manusia seperti pembunuhan jurnalis Saudi Jamal Khashoggi di konsulat Saudi di Turki.(Hasyim)

Baca Juga :   Perang Dagang Amerika dan China Kembali Memanas
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Luar Negeri

Korsel Kembangkan Sistem Anti-Drone

Published

on

Continue Reading

Luar Negeri

50 Orang Tewas Akibat Kereta Anjlok

Published

on

Continue Reading

Luar Negeri

Bashir Sembunyikan Uang Jutaan Uero di Istana

Published

on

Bekas Presiden Sudan, Omar al-Bashir / Net
Continue Reading




Loading…