Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Politik

Catat! People Power Tidak Tepat di Pemerintahan Jokowi

Published

on

Jakarta, Realitarakyat.com – People power merupakan gerakan yang inkonstitusional, tapi hal itu bisa dipakai untuk mengganti sistem otoriter menjadi sistem yang lebih demokratis.

Demikian pendapat Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Bara Hasibuan dalam diskusi bertajuk ‘Pemilu 2019: Antara People Power dan Rekonsiliasi” di bilangan Jakarta Selatan, Jumat (24/5/2019).

Menurut Bara, people power biasanya hanya terjadi di negara dengan kekuasaan yang otoriter. Karena itu, people power adalah satu cara untuk menumbangkan kekuasaan otoriter. Karena, di negara dengan kekuasaan otoriter, penguasanya tidak memakai konstitusi. Konstitusi dipakai hanya untuk melegitimasi penguasa.

Loading...

“Jadi, mau nggak mau, untuk mengganti menjadi sistem demokrasi, maka harus dilakukan people power untuk menjatuhkan penguasa otoriter,” kata Bara.

Gerakan people power, lanjutnya, bisa saja dilakukan kalau rezim melanggar konsensus bersama yaitu konstitusi. Namun, pendapat dirinya, untuk konteks Indonesia saat ini, people power tidak relevan.

Karena, kata dia, meski pemerintahan di tangan Presiden Joko Widodo tidak perfect, tapi dilahirkan dari proses demokratis.

Bahkan menurut dirinya, sampai sekarang belum terlihat ada hal-hal fundamental yang dilanggar pemerintah Jokowi. Misalnya, belum ada pelanggaran konstitusi yang dilakukan Jokowi. [ipunk]

Baca Juga :   Marsekal Hadi Tjahjanto Diantar Gatot Nurmantyo Uji Kepatutan dan Kelayakan di DPR
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Politik

DPD Rekomendasikan 15 Nama Calon BPK

Published

on

Continue Reading

Hukum

RKUHP yang akan Disahkan DPR Dinilai Banyak Kemunduran, ini Catatan ICJR

Published

on

Direktur Eksekutif Institute for Criminal Justice Reform (ICJR), Anggara. (foto:ist/net0
Continue Reading

Politik

Pengamat: Pemindahan Ibu Kota Negara, Dimulainya Peralihan Kekuasaan Egaliter

Published

on

Continue Reading




Loading…