Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Nasional

Menteri Susi Tak Bantah Ada Korupsi di Kementeriannya

Published

on

Jakarta,Realitarakyat.com – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti tidak membantah adanya dugaan korupsi di Kementerian yang dipimpinnya.

Sehingga dirinya menganggap bahwa  penggeledahan yang dilakukan KPK pada Kamis16 Mei 2019 adalah hal yang wajar.

Menurut Susi memang sudah mestinya  memang perlu dilakukan oleh lembaga antirasuah untuk menyelidiki adanya dugaan korupsi.

“Biasa dan wajar serta legal untuk mendapatkan barang bukti dari dugaan tindak pidana korupsi,” ujar Susi dalam keterangan tertulis yang disiarkan humas KKP pada Sabtu (18/05/2019).

Ruang yang digeledah KPK sendiri adalah salah satu pejabat eselon di lingkungan Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan.

KPK mengumpulkan sejumlah dokumen tentang pengadaan kapal pengawasan yang proyeknya sudah berlangsung sejak 2013.

Susi menyebutkan, pihaknya bersikap kooperatif untuk mendukung KPK menjalankan tugasnya. Sebab, penggeledahan yang dilakukan KPK telah sesuai dengan undang-undang antirasuah yang berlaku.

“Karena itu, kami mempersilakan dan selalu akan kooperatif bekerja sama dengan KPK untuk memperlancar tugas-tugas KPK,” ucap Susi.

Susi memastikan, selama ini entitasnya mendukung penuh upaya pencegahan korupsi. Susi menyebutkan, salah satu dukungan itu tercermin dalam penerbitan peraturan tentang gratifikasi. Beleid itu terbit sebagai Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan (Permen KP) Nomor 27 Tahun 2014 tentang Pedoman Teknis Pengendalian Gratifikasi di Lingkungan KKP yang disempurnakan menjadi Permen KP Nomor 44 Tahun 2017.

Selain itu, Susi berujar, telah menerbitkan Permen KP Nomor 31 Tahun 2016 tentang Pedoman Pembangunan Budaya Integritas di Lingkungan KKP, termasuk membangun zona-zona integritas di satuan kerja (Satker) KKP. Guna mencegah terjadinya korupsi di lingkungan KKP, Susi menyebut, kementeriannya bakal tegas melaksanakan pedoman dan aturan itu.

Baca Juga :   Jokowi Doakan Yang Suka Fitnah Dirinya Sadar dan Taubat

“Selalu saya sampaikan kepada seluruh jajaran KKP agar terhindar dari tindak pidana korupsi. Jika integritas sudah dipegang teguh, tak perlu khawatir apa yang akan terjadi,” ucapnya. (Bisma R)

Advertisement
Loading...
Loading…