Connect with us

Ragam

Jangan Mengaku Traveler Kalau Belum Pernah ke Pulau Moyo

Published

on

Sumbawa,Realitarakyat.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) setiap tahunnya menggelar Festival Pesona Moyo yang jatuh sekitar September – Oktober.

Tujuan diadakan Festival Pesona Moyo adalah untuk meningkatkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, serta membangkitkan seni budaya di Sumbawa. Diharapkan ke depannya akan meningkatkan jumlah wisatawan yang akan liburan ke Sumbawa dan sekitar NTB.

Biasanya acara yang digelar di Festival Pesona Moyo antara lain Karnaval, Pawai Budaya, Pegelaran Budaya, Pameran Expo UMKM, Temu Usaha UMKM, Dialog Pariwisata, Jambore Kader Konserpasi, Jelajah Alam Pulau Moyo, Jaran Utama, Melala Satu Muharam, Balap Sampan, Kontes Mision, Diskusi Budaya, Diskusi Kelompok Terfokus, Gebyar Pesta Jagung, Rantok 1000 Denek, Samawa Sepuloka, Pentas Budaya Empang, Barapan Kebo dan lain-lain.

Pulau Moyo merupakan sebuah pulau yang terletak sekira 3 km dari lepas daratan Sumbawa.

Pulau ini menjadi lebih terkenal setelah mendiang Putri Diana dari Inggris singgah untuk mencari perlindungan dari kejaran paparazzi.

Daya tarik utama dari pulau ini adalah lautnya yang indah. Moyo dikelilingi oleh terumbu karang alami yang ideal untuk snorkeling, terdapat hiu putih yang sering berenang dekat dengan penyelam, atau juga hilir mudik bersama ikan pari serta segerombolan jenis ikan tropis lainnya. Untuk mencapai Pulau Moyo, kamu dapat naik perahu dari Sumbawa Besar.

Keindahan Pulau Moyo

Pulau Moyo ibarat surga tropis yang sangat indah. Saking indahnya, para pesohor dunia ikut memburu pulau ini. Mendiang Putri Diana, David Becham, Maria Sharapova, Mick Jagger, Edwin van der Sar.

Mereka pernah berkunjung ke pulau ini. Termasuk artis kekinian seperti bintang Korea, Rain dan Kim Tae Hee. Pulau Moyo dikenal sebagai “Great Escape” para bintang dan selebritis dunia.

Namun, salah satu yang paling diburu di Moyo adalah Air Terjun Mata Jitu. Kelebihan Mata Jitu adalah air terjunnya bertingkat. Selain itu, terdapat kolam-kolam indah yang tercipta secara alamiah.

Air Terjun Mata Jitu dapat dicapai dengan menggunakan ojek dari Desa Labuan Aji. Tarifnya Rp 100.000, dengan lama perjalanan kurang lebih 30 menit. Dan itu termasuk biaya retribusi kas desa loh.

Mau jalan kaki biar lebih sehat juga oke. Paling sekitar 1 jam. Tentu ini tidak akan terasa karena kamu akan disuguhi pemandangan keren serta rindangnya hutan selama perjalanan.

“Jangan lupa juga menuju Queen Waterfall yang berjarak 10 menit dari air terjun Mata Jitu. Disinilah Lady Diana pernah menghabiskan waktunya ketika berlibur ke Pulau Moyo,” Ungkap Salah satu Warga.

Di Pulau Moyo juga ada Air Terjun Diwu Mbai yang tak kalah serunya. Di sini, Anda bisa mandi sepuasnya di air yang sangat jernih dan segar. Ada tali yang bisa anda gunakan untuk lompat dari ketingggian. Ala-ala tarzan gitu deh. Seru banget pokoknya.

Wisata pantai Pulau Moyo


Yang hobi pantai, sudah pasti akan terpuaskan. Segudang pantai kece dan alami dipastikan akan membuat mu makin betah. Selain itu pantainya pun tergolong sepi. Pokoknya terasa seperti pantai pribadi.

Begitu juga dengan pemandangan alam bawah lautnya. Yang hanya dengan snorkeling saja, kamu sudah bisa melihat terumbu karang yang indah dengan ikan-ikannya berbagai jenis.

Beberapa pantai yang bisa anda kunjungi antara lain Pantai Satu, Pantai Ai Manis, Tanjung Pasir, Brang Sedo, dan masih banyak lainnya.

Untuk aksesibilitas, kita bisa menyewa boat dari Pulau Sumbawa. Tarifnya sekitar Rp 1,5 hingga Rp 2 juta. Boat ini dapat menampung 8-10 penumpang. Pas kalau travelingnya rame-rame.

Yang mau backpackeran juga bisa. Alternatifnya adalah dengan mengikuti perahu warga yang rutin mengantar warga dari Pulau Moyo berbelanja atau berjualan ke Pasar di Sumbawa. Untuk yang satu ini, kalian hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar 50 ribu.

Perahu ini berangkat dari Dermaga Muara Kali yang terletak di Labuhan Sumbawa. Tetapi perahu ini hanya melakukan perjalanan satu kali dalam satu hari. Yakni pkul 11.00 WITA dari Pulau Sumbawa, serta pukul 06.00 pagi dari Pulau Moyo.

“Selain itu, Sumbawa juga sudah memiliki Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin III. Jadi sangat mudah untuk bisa menjangkau Pulau Moyo,” kata Erwin Putra Sumbawa yang saat ini berdomisili di Jakarta.

Amenitasnya juga oke. Ada banyak home stay dan cottage di Pulau Moyo. Harganya pun murah, antara Rp. 300 ribu hingga Rp. 500 ribu. Bahkan jika kamu mau kamping juga bisa.

“Pokoknya jangan mengaku traveler kalau belum pernah ke Pulau Moyo. Makanya segera agendakan. Dijamin bakal seru,” pungkas Erwin.(Nanang)

Advertisement
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

#Trending