Connect with us

TNI -POLRI

Kepolisian Siap Hadapi Praperadilan Egy Sudjana

Published

on

Jakarta,Realitarakyat.com – Polda Metro Jaya bakal menghadapi gugatan praperadilan yang diajukan Eggi Sudjana terkait statusnya sebagai tersangka kasus dugaan makar, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

“Hak mereka (mengajukan praperadilan), silakan. Nanti kita hadapi di pengadilan,” ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Raden Prabowo Argo Yuwono, di Jakarta, Jumat (10/5/2019).

Sebelumnya diberitakan, Eggi Sudjana melalui kuasa hukumnya, mendaftarkan gugatan praperadilan atas status tersangka yang ditetapkan penyidik Polda Metro Jaya, ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jumat (10/5/2019). Gugatan tersebut, teregister dengan nomor 51/pid/pra/2019/PN Jaksel.

Menurut kuasa hukum Eggi, Pitra Romadoni, ada sekitar 25 poin terkait gugatan yang diajukan. Secara garis besar salah satu poinya perihal perubahan pasal yang dilaporkan, dari Pasal 160 KUHP menjadi Pasal 107 KUHP.

“Poin-poin gugatan praperadilan, itu akan kita jelaskan di persidangan karena ini saya tidak mau bocor kemana-kemana. Ada beberapa kesalahan yang sangat teknis dan sangat fatal dilakukan penyidik. Secara garis besarnya ini, satu saja saya sebutkan, terkait Pasal 160. Tiba-tiba di panggilan polisi berubah pasalnya dan langsung SPDP (Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan), tidak ada interview atau wawancara terhadap kami dan ditetapkan sebagai tersangka,” kata Pitra.

Diketahui, penyidik Sub Direktorat Keamanan Negara Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, telah menetapkan Eggi Sudjana sebagai tersangka kasus dugaan makar dan atau menyiarkan suatu berita yang dapat menimbulkan suatu keonaran.

Penyidik sebelumnya telah memeriksa enam orang saksi, empat ahli dan barang bukti. Kemudian melakukan gelar perkara, dan hasilnya menetapkan Eggi Sudjana menjadi tersangka, sesuai dengan Pasal 107 KUHP dan atau Pasal 110 KUHP Juncto Pasal 87 KUHP dan atau Pasal 14 ayat (1) dan ayat (2) dan atau Pasal 15 Undang-undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang peraturan hukum pidana.(Iwan K)

Advertisement
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

#Trending