Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Ragam

Shalat Tarawih Pertama Mesjid Istiqlal Penuh

Published

on

Jakarta,Realitarakyat.com – Malam ini, umat Islam tampak memenuhi Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Mereka menunaikan ibadah Salat Isya dan Salat Sunah Tarawih berjamaah di malam pertama Ramadan

Jamaah terlihat sudah memenuhi saf depan hingga saf belakang masjid sejak pukul 18.30 WIB atau selepas magrib tadi. Saf laki-laki dan perempuan dipisah menjadi dua bagian.

Jamaah awalnya menunggu keterangan resmi dari pemerintah terkait penentuan awal Ramadan 1440 H. Sampai akhirnya Kementerian Agama menetapkan bahwa 1 Ramadan jatuh pada Senin (6/5/2019) besok, pukul 19.00 WIB tadi. Mereka pun bersiap-siap menunaikan Salat Isya untuk kemudian dilanjutkan dengan Salat Tarawih secara berjamaah.

Sebelum pelaksanaan ibadah Salat Tarawih, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar memberikan sambutan kepada jamaah yang hadir. “Kita berjumpa lagi di Bulan Suci, bulan yang dirindukan oleh umat Islam,” kata Nasar, Minggu (5/5/2019) malam.

“Semoga di Bulan Suci kali ini kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi,” ujarnya menambahkan.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Masjid Istiqlal, Abu Hurairah Abdul Salam mengatakan, program Ramadan tahun ini tidak jauh berbeda dengan tahun lalu. Ada 17 program kegiatan yang akan diselenggarakan selama satu bulan ke depan. Di antaranya berupa tausiah menjelang berbuka, acara buka puasa bersama, tausiah menjelang Tarawih, Salat Tarawih berjamaah, pemberian santunan anak yatim, penerimaan zakat fitrah, dan lain sebagainya.

Hanya, di tahun ini Masjid Istiqlal tidak menyelenggarakan pesantren kilat untuk remaja. “Yang tahun lalu ada pesantren untuk remaja, pesantren kilat dua sampai tiga hari. Tahun ini enggak ada, karena Masjid Istiqlal sedang direnovasi. Lantai dasar, aulanya lagi direnovasi,” kata Hurairah saat dihubungi, Minggu (5/5/2019).

Sebelumnya, sidang isbat yang digelar Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan 1 Ramadhan 1440 jatuh pada Senin (6/5/2019). Dengan begitu, malam ini umat Islam di Tanah Air dianjurkan untuk melaksanakan Salat Tarawih pertama.

Baca Juga :   Megawati Terkesan Beijing Agricultural Expo 2019

“1 Ramadan 1440 Hijriah jatuh pada esok hari, Senin tanggal 6 Mei 2019,” ucap Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Auditorium HM Rasjidi, Kantor Kementerian Agama (Kemenag), Jalan MH Thamrin, Jakarta, Senin (6/5/2019) malam.

Hasil sidang isbat Kemenag tidak berbeda dengan hasil hisab wujudul hilal oleh Majelis Tarjih PP Muhamadiyah yang telah lebih dulu menetapkan 1 Ramadan jatuh pada Senin besok.

Dalam sidang isbat kali ini, Kemenag mengundang 63 orang. Mereka berasal dari Komisi VIII DPR, Majelis Ulama Indonesia (MUI), BMKG, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Badan Informasi Geospasial (BIG), dan Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, pakar falak dari ormas-ormas Islam, serta perwakilan negara sahabat yang terlibat.(Taupik)

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Ragam

CFD, Pemprov DKI Bagi-bagi Lidah Mertua

Published

on

Pembagian Tanaman Lidah Mertua di Car Free Day / Ist
Continue Reading

Ragam

Siswa SD Ikuti Kegiatan ‘Beresih Bandung Jilid 2’

Published

on

Continue Reading

Ragam

Kejar Target Seritifkat Green Hospital, RS dr.Soetrasno Lakukan Pergantian Lampu dan Kran Air

Published

on

Continue Reading




Loading…