Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Nasional

Bantuan Tidak Dapat Disalurkan Akibat Sulitnya Menjangkau Akses

Published

on

Jakarta,Realitarakyat.com – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) kesulitan untuk mengirimkan bantuan kepada korban banjir di Bengkulu. Distribusi logistik diakui oleh Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho hingga kini terhambat.

Dalam ketarangan tertulisnya, Sutopo menjelaskan kendala yang dihadapi meliputi akses ke lokasi bencana yang putus total. Komunikasi dan koordinasi dengan pihak petugas terkait dilapangan juga terkendala, karena aliran listrik banyak yang terputus.

“Pendistribusian logistik terhambat karena akses jalan banyak yang terputus karena banjir dan longsor. Titik lokasi bencana banjir dan longsor sangat banyak, sedangkan jarak antar titik banjir dan longsor berjauhan, sehingga menyulitkan untuk mencapai semua lokasi,”papar Sutopo dalam keterangan tertulisnya, Minggu (28/4/2019) malam.

Selain itu, ia juga menambahkan jika dana menjadi masalah berikutnya. Menurutnya malah dana yang tersedia sangat terbatas. Pihaknya juga mencatat, para pengungsi membutuhkan sejumlah bantuan seperti,tenda pengungsian, perahu karet, selimut, makanan siap saji, air bersih, family kid, peralatan bayi, lampu emergency, peralatan rumah tangga untuk membersihkan lumpur dan lingkungan, sanitasi, dan jembatan baley.

“BPBD masih melakukan pendataan dampak bencana dan penanganan bencana. Masyarakat dihimbau untuk tetap meningkatkan kewaspadaan mengingat potensi hujan berintensitas tinggi masih dapat berpotensi terjadi di wilayah Indonesia,”himbaunya.(Arsyad)

Baca Juga :   KPK Geledah Ruangan Sekda Jabar Terkait Kasus Suap Meikarta
Advertisement
Loading...
Loading…