Connect with us

Daerah

TPS XII Blang Pase Lakukan Pemungutan Suara Ulang

Published

on

Langsa, Realitarakyat.com– Pemungutan Suara Ulang (PSU) pemilihan umum serentak di Tempat Pemungutan Suara (TPS) XII Gampong Paya Bujuk Blang Pase, Kecamatan Langsa Kota, Provinsi Aceh dilakukan, Kamis (25/4). PSU dilakukan karena ditemukan pelanggaran berupa pengrusakan surat suara oleh oknum Linmas.

“PSU dilakukan sesuai Surat PPK Langsa Kota No: 24/PPK-LK/IV/2019, perihal usulan pemungutan suara ulang dan surat Panwaslih Kecamatan Langsa Kota No: 061/K.Bawaslu.AC-21.3/IV/2019, perihal rekomendasi pemungutan suara ulang di TPS 12 untuk pemilihan anggota DPRD Kota Langsa Dapil I Langsa Kota,” sebut Ketua KIP Kota Langsa, T Faisal Rabu (24/4).

Di TPS XII ada 310 pemilih yang terdiri dari DPT 279, DPTb 6 dan DPK 25. “Pemilih DPK hanya untuk mereka yang ada pada daftar absen atau form C7 pada Pemilu 17 April 2019. Logistik untuk PSU sudah lengkap,” ungkap Faisal.

Ketua Panwaslih Kota Langsa, Muhammad Khairi mengatakan, PSU di TPS XII Gampong Paya Bujuk Blang Pase, sebagaimana diatur UU No: 7/2017 pasal 372 ayat 2 huruf a yang menyebutkan pembukaan kotak suara dan/atau berkas pemungutan dan penghitungan suara tidak dilakukan menurut tatacara yang ditetapkan dalam ketentuan perundang-undangan.

Berdasarkan penelitian pengawas TPS menyampaikan rekomendasi untuk dilakukan PSU karena terjadi pengrusakan kertas suara yang dilakukan oknum Linmas sehingga mengakibatkan kertas suara DPRK rusak.

“Panwaslih Kota Langsa berharap PSU yang dilaksanakan, Kamis (25/4), berjalan baik sesuai aturan perundang-undangan serta berharap tidak lagi terjadi pelanggaran pemilu,” harap Khairi.

Kemudian, kepada Panwaslih Kecamatan Langsa Kota dan pengawas TPS agar melakukan pengawasan pada proses pemungutan dan penghitungan suara pada PSU TPS 12 Gampong Paya Bujuk Blang Pase,” demikian Muhammad Khairi. (MS)

Baca Juga :   Sat Reskrim Polres Langsa Ringkus Pembacok Paman
Advertisement
Loading...
Loading…