Connect with us

Politik

Tiga TPS di Kota Kupang Lakukan PSU

Published

on

Kupang, realitarakyat.com – Tiga (3) Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Kupang akan mengadakan Pemungutan Suara Ulang (PSU) berdasarkan temuan  penyalahgunaan hak pilih oleh Panwaslu setempat.

Pemungutan Suara Ulang (PSU) ini berdasarkan adanya temuan pelanggaran oleh Bawaslu dalam penyalahgunaan hak pilih.

Demikian diungkapkan Ketua KPU Kota Kupang, Deky Ballo kepada wartawan, Rabu (24/4).

Menurut Deky, berdasarkan temuan dan rekomendasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) proses pemungutan suara ulang di tiga TPS itu yakni TPS 27 Oesapa dengan jumlah pemilih sebanyak 239 orang, karena adanya temuan pelanggaran penyalahgunaan undangan C6.

TPS 13 Kayu Putih sebanyak 176 pemilih dengan penyalahgunaan pelayanan formulir A5 atau surat pindah memilih, dan TPS 11 Kolhua sebanyak 292 pemilih dengan temuan Data Pemilih Khusus (DPK) yang menggunakan hak pilih dengan e-KTP, namun tidak sesuai dengan alamat domisili di lingkungan sekitar TPS.

Terpisah, Komisi Data Komisioner KPU Kota Kupang, Zunaidin Harun mengatakan temuan penyalahgunaan hak pilih sudah terindikasi sejak proses pemungutan suara berlangsung, dan ditindaklanjuti berdasarkan rekomendasi Bawaslu. “Rekomendasi Bawaslu baru diserahkan ke KPU untuk lakukan PSU,” kata Zunaidin.

Sesuai rekomendasi Bawaslu, pemungutan suara ulang pemilihan presiden dan wakil presiden, DPR, DPD dan DPRD kota/Kabupaten pada tiga TPS tersebut akan di gelar pada Sabtu, 27April 2019.(rey)

Advertisement
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

#Trending