Connect with us

Hukum

Sidang Lanjutan ratna sarumpaet, JPU Panggil Rocky Gerung dan Tompi Sebagai Saksi

Published

on

Jakarta, Realitarakyat.com – Jaksa Penuntut Umum (JPU), memanggil Rocky Gerung dan Teuku Adifitrian alias Tompi sebagai saksi sidang kasus berita bohong atau hoax dengan terdakwa Ratna Sarumpaet, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (23/4/2019) hari ini.

“Saksi Rocky Gerung dan dr Teuku Adifitrian alias Tompi,” ujar Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan Supardi, Selasa (23/4/2019).

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Daru Tri Sadono mengatakan, kedua saksi sudah mengkonfirmasikan akan hadir dalam persidangan. Keduanya akan dimintai keterangan dalam kapasitas sebagai saksi fakta.

“Saksi fakta. Sekarang saksi fakta dulu, setelah itu baru saksi ahli. Dia dokter (Tompi), tapi dia sebagai saksi fakta. Artinya kalau saksi fakta siapa pun dalam profesi apa pun boleh berbicara,” ungkap Daru.

Daru menuturkan, kendati dalam berkas dakwaan tidak ada nama Tompi sebagai saksi, namun keterangan yang bersangkutan diharapkan dapat menguatkan dakwaan.

“Tidak harus semua saksi yang tertuang dalam berkas perkara disebut dalam dakwaan, karena yang penting prinsipnya dakwaan itu jelas, cermat, kemudian saksi-saksi yang hendak kita hadirkan adalah saksi yang menguatkan dakwaan. Kita ingin mengungkap keterangan kedua saksi, mereka menguatkan unsur pasal yang kita dakwakan,” kata Daru.

Sementara itu, terdakwa Ratna Sarumpaet menyampaikan, saksi yang dihadirkan JPU tidak berkaitan dengan dakwaan.

“Itu nggak ada hubungannya dengan sangkaan. Keterlibatan mereka kan pada awal. Kan itu sudah diakui kebohongan. Jadi ngapain lagi,” jelas Ratna.

Menurut Ratna, sangkaan yang ada di dalam dakwaan adalah terjadinya keonaran. Seharusnya, pihak JPU membuktikan hal itu.

“Loh bukan sangkaan itu kan keonaran, apa hubungannya Rocky dengan keonaran. Iya sama saja (Tompi). Sama saja dua-duanya. Nggak ada kaitannya,” tandas Ratna.

Diketahui, Rocky dan Tompi sendiri sudah hadir untuk mengikuti sidang lanjutan kasus berita bohong atau hoaks terdakwa Ratna Sarumpaet, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.(Willi)

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Hukum

Pegiat Antikorupsi Layangkan Surat Terbuka ke Jokowi

Published

on

Presiden Jokowi / Net
Continue Reading

Hukum

Kasus Novel Ujian Sejarah Pemerintahan Jokowi

Published

on

Novel Baswedan / Net
Continue Reading

Hukum

KPK Siap Hadapi Gugatan Imam Nahrawi

Published

on

Ilustrasi / Net
Continue Reading




Loading…