Connect with us

Politik

Wakil Ketua MPR Minta DPR – Pemerintah Evaluasi Pemilu 2019

Published

on

Jakarta,Realitarakyat.com. – Wakil Ketua MPR RI  Hidayat Nur Wahid mengakui setelah banyak masalah yang terjadi di pemilu 17 April 2019 ini, pihaknya meminta DPR dan pemerintah untuk segera mengevaluasi sistem pemilu serentak 2019 ini.

“DPR dan pemerintah perlu mengevaluasi apa saja yang menyebabkan kekacauan masalah pemilu kali ini. Apalagi menelan puluhan korban jiwa. Misalnya apakah karena serentak atau persiapan KPU yang kurang matang,” tegas Hidayat di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Senin (22/4/2019).

KPU sendiri menyampaikan ada 2.250 TPS yang tidak bisa menyelenggarakan pencoblosan tepat pada 17 April, dan Bawaslu menyebut ada lebih dari 5.400 KPPS yang diduga melakukan pengarahan kepada pemilih untuk memilih calon tertentu.

“Jika, awalnya pilpres dan pileg dilaksanakan serentak dengan maksud menghemat biaya, maka hal itu perlu dievaluasi karena harapan tersebut tidak tercapai,” ujar politisi PKS itu.

Menurut Hidayat, penyelenggaraan pemilu serentak membuat publik fokus pada pilpres dan tidak mencermati para caleg di dapilnya.

“Masyarakat dan media selalu fokus pada pilpres, tapi tidak mencermati para caleg yang kualitas atau tidak, belum menjadi penilaian yang objektif yang serius,” pungkasnya.

 

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Nasional

Pelantikan Presiden dan Wapres Hajat Kenegaraan

Published

on

Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’thi. (Foto: Ist/Net)
Continue Reading

Politik

Banyak Tokoh Parpol Jadi Menteri, Tanda Kematian Demokrasi Indonesia Makin Nyata

Published

on

Pengamat Sosial Politik, Bagindo Togar Butar-Butar / Net
Continue Reading

Politik

Pengamat Ini Sebut Jokowi Tak Akan Umumkan Menteri Kabinetnya Besok

Published

on

Direktur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari / Net
Continue Reading




Loading…