Connect with us

Luar Negeri

Barikade Gus Dur Kutuk Bom Teroris Sri Lanka

Published

on

Jakarta,Realitarakyat.com. – DPP Barikade (Barisan Kader) Gus Dur mengutuk dan mengecam keras bom bunuh diri teroris di Sri Lanka pada Sabtu (20/4/2019), yang menewaskan 207 orang yang tak berdosa tersebut.

“BGD mendukung penuh otoritas Sri Lanka untuk segera menangkap dan mengadili pihak-pihak yang bertanggung jawab. PBB juga harus ikut mengusut kasus ini,” tegas Sekjen DPP BGD Pasang Haro Rajagukguk, Senin (22/4/2019).

Sebelumnya PBNU, PP Muhammadiyah, PGI, GP Ansor dan lain-lain juga mengecam bom bunuh diri teroris tersebut, dan meminta pemerintah Sri Lanka bersama PBB untuk mengusut tuntas tindakan biadab teroris tersbut.

“Jadi, BGD mendesak pemerintah Indoensia dan PBB untuk mengusut teroris Sri Lanka itu sampai tuntas,” pungkas Pasang Haro.

Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) H. A Helmy Faishal Zaini mengatakan, PBNU mengecam segala bentuk dan tindak kekerasan, termasuk di dalamnya adalah perilaku menyerang pihak-pihak yang dianggap berbeda. “Tindakan kekerasan bukanlah ciri Islam yang rahmatan lil alamin,” ujarnya, Minggu.

Menurutnya, perdamaian, kebebasan, dan juga toleransi adalah prinsip utama dalam menjalankan kehidupan di samping prinsip Maqaasid Syariah yang terdiri dari hifdud din wal aql (menjaga agama dan akal), hifdzul nafs (menjaga jiwa), hifdun nasl (menjaga keluarga), dan hifdul mal (menjaga harta) dan hifdhul irdh (menjaga martabat).

“Kelima prinsip tersebut merupakan prinsip utama yang harus ditegakkan di manapun di dunia ini,” jelas Helmy.

Karena itu dia mendorong pemerintah Indonesia untuk segera mengambil langkah diplomatis dan ikut andil dalam upaya menciptakan perdamaian di Sri Langka.

“Upaya ini penting dilakukan sebagai bagian dari tanggungjawab Internasional yakni turut berperan dalam usaha menciptakan perdamaian dan keamanan dunia,” kata Helmy.

Baca Juga :   Megawati Soekarnoputri Terima Gelar Doktor Honoris Causa Bidang Diplomasi Ekonomi

Selain itu, PBNU mendesak PBB untuk berinisiatif melakukan investigasi palaku agar tercipta suatu keadaan yang kondusif di Sri Lanka serta agar tumbuh kembali sebagai negara yang berdaulat yang mensejehterahkan rakyat.

“Kami mengajak masyarakat dunia untuk bersama-sama menggalang bantuan kemanusiaan bagi masyarakat Sri Lanka,” pungkasnya.

Advertisement
Loading...
Loading…