Connect with us

Nasional

Lagi – lagi Dua Kartini ini Gagalkan Penyelundupan Benih Lobster senilai Miliaran Rupiah

Published

on

Menteri Keuangan Sri Mulyani dan menteri kelautan Susi Pudjiastuti.

Jakarta,Realitarakyat.com.- Siapa yang tidak kenal dengan dua tokoh wanita ini, Menteri Keuangan Sri Mulyani dan menteri kelautan Susi Pudjiastuti.

Kedua Wanita ini layak di berikan gelar Kartini masa kini.

Kiprah mereka berdua sangat besar bagi negeri ini, kali ini kedua wanita ini berhasil menggagalkan penyelundupan benih lobster (BL) senilai Rp 37,53 miliar pada Kamis (18/4) lalu di Jambi.

Setelah berhasil diamankan, seluruh benih lobster ini langsung diamankan dan dikirim ke Perairan Natuna untuk dilepas ke lautan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti esok harinya.

Data BL yang diamankan berjumlah sebanyak 246.673 ekor yang terdiri dari 235.900 BL jenis pasir dan 10.773 BL jenis mutiara. Bibit-bibit ini dikemas dalam 1.238 kantong plastik yang dimasukkan ke dalam 35 boks styrofoam.

Penangkapan dilakukan dalam patroli di Desa Lambur Luar, Kecamata Sabak Timur, Kabupaten Tanjungjabung Timur, Jambi oleh tim gabungan Satreskrim Polres Tanjungjabung Timur dengan Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Perikanan (SKIPM) Jambi.

Patroli ini mencurigai tiga unit mobil yang berhenti di jalan raya dan menghampirinya. Namun diduga pemilik mobil telah melarikan diri saat polisi hendak memeriksa mobil tersebut.

“Semoga tidak ada lagi yang coba-coba menangkap benih lobster seperti ini ya. Biarkan bayi-bayi lobster itu tumbuh jadi remaja hingga dewasa supaya bisa berkembang biak. Kalau masih bayi begini sudah ditangkapin, nanti di mana lagi kita bisa dapet lobster? Ayo kita jaga sama-sama,” kata Susi dalam siaran persnya, Minggu (21/4).

Kemudian, BL yang berhasil diselamatkan ini kemudian dilepasliarkan langsung oleh Susi pada Jumat (19/4) sore.

Dia menjelaskan, berdasarkan Peraturan Menteri (Permen) No. 56 Tahun 2016 tentang Penangkapan dan/atau Pengeluaran Lobster, Kepiting, dan Rajungan, lobster yang undersized dan bertelur tidak boleh diambil dari perairan Indonesia.

“Sekali lagi coba semua. Danlanal [Komandan Pangkalan TNI AL] turun, Kepala BKIPM [Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu Dan Keamanan Hasil Perikanan] turun, menteri pun turun [melakukan pelepasliaran BL). Demi apa? Demi anak-anak bangsa. Kalau orang Natuna nanti (lobster) yang bertelur ditangkapin, saya masukan dia ke laut. Tenggelamkan!” kata dia.

Hingga saat ini, pelaku penyelundupan BL yang melarikan diri dalam proses penangkapan masih dalam proses pencarian oleh pihak Satreskrim Polres Tanjabtim.(Wahyu)

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Headline

Polisi Bukan Sasaran Serangan Teroris

Published

on

Ilustrasi. (Net)
Continue Reading

Nasional

Muhammadiyah Minta Polisi Usut Tuntas Kasus Bom Bunuh Diri Di Medan

Published

on

Ilustrasi / Net
Continue Reading

Nasional

Pemerintah Tak Akan Beri Toleransi Kepada Teroris

Published

on

Juru Bicara Presiden Joko Widodo M. Fadjroel Rachman. (foto: ist/net)
Continue Reading




Loading…