Connect with us

Daerah

Puluhan Hektar Sawah Rusak di Hantam Banjir di 3 Kecamatan , kabupaten Limapuluh kota

Published

on

Tanah Datar,Realitarakyat.com.- Banjir bandang menghantam Situjuah, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatra Barat, Selasa (16/4). Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumatra Barat Rumainur mengatakan, galodo bersumber dari Gunung Sago.

“Kejadian pukul 14.00 WIB, dengan lokasi di Jorong Sikabu, Jorong Kociak, Padang Kuniang, Nagari Situjuah Gadang, Kecamatan Situjuah 5
Nagari,” jelas Rumainur , Selasa (16/4/2019).

Menurut informasi warga, Rumainur menambahkan, saat ini warga sudah evakuasi ke tempat yang lebih aman. Menghindari galodo yang berpotensi masih terjadi.

Sementara itu, warga setempat, Eka Kurniawan Sago Indra menjelaskan, banjir bandang terjadi di anak sungai Batang Agam dengan hulu dari Gunung Sago.

“Anak sungai Batang Agam, ada tiga aliran dengan penyebutan oleh masyarakat, Batang Tukali, Pincuran Randah, Pincuran Tujuh,” terangnya.

Banjir bandang tersebut, katanya tidak membawa gelondongan kayu, melainkan batu-batuan. Sehingga kuat dugaan, hujan lebat yang melanda kawasan tersebut menjadi penyebab erosi di bagian hulu.

Ada pun kerusakan yang terdata, jelasnya, 1 unit rumah, sawah kurang lebih seluas 30 hektare, ladang sekitar 5 hektare, sebagian ruas jalan di wilayah tersebut dan juga jembatan kecil. “Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini,” tukasnya.(Tamsil Caniago)

Advertisement
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

#Trending