Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Daerah

Pemkot Kucurkan Bantuan Beras Madani Untuk 10.000 KK

Published

on

TANJUNG BALAI, Realitarakyat.com–Pemerintah Kota Tanjung Balai melakukan pengadaan beras medium untuk warga kurang mampu. Kegiatan ini merupakan kerjasama dengan Perum Bulog Sub Divre Kisaran.

Kerjasama itu dibuktikan dengan penandatanganan kerjasama. Pemkot Tanjung Balai diwakili Wali Kota, H M Syahrial sedangkan Perum Bulog diwakili Kepala Subdivre Kisaran, Irfan Arfian. MuO ditandatangani di Aula Kantor Wali Kota Tanjung Balai, Senin (1/4).

Beras itu akan disalurkan kepada 10.000 Kepala Keluarga (KK) warga kurang mampu untuk jangka waktu sembilan bulan dengan nama bantuan Beras Madani. Bantuan dibebankan kepada APBD Tanjung Balai.

Dalam sambutannya, Syahrial kembali mengingatkan para Kepala Lingkungan, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan dan Lurah hingga Camat agar turut melakukan pengawasan pendistribusin bantuan sampai kepada yang membutuhkan.

Penetapan penduduk tidak mampu dilakukan melalui musyawarah dan disampaikan kepada Dinas Sosial sehingga bantuan dapat disalurkan tepat waktu.

Syahrial juga minta penyalurannya tepat sasaran. Ada yang perlu diperhatikan dalam pendistribusian bantuan ini seperti waktu penyaluran, kualitas beras dan harga yang sesuai ketentuan.

Selain itu, semua pihak yang terlibat dalam penyaluran bantuan harus mampu membuat program yang dibutuhkan rakyat miskin.
“Ini yang membuat pelaksanaan program melibatkan Pemkot, Kepala Lingkungan, Lurah, Camat dan masyarakat.”

Syahrial mengharapkan lewat pemberian bantuan Beras Madani ini mampu menurunkan tingginya angka kemiskinan di Tanjung Balai.

Sedangkan Irfan mengatakan, program ini sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan pangan kelompok masyarakat yang kurang mampu.

Karena itu, penyalurannya harus diawasai agar tepat sasaran sehingga tidak jatuh kepada orang yang tidak berhak. Penyaluran juga harus tepat waktu.

Kepala Dinas Sosial M Idris SH melaporkan, Program Subsidi Pangan Pemkot Tanjung Balai ini ditujukan kepada masyarakat tidak mampu yang tak mendapat Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dari Pemerintah Pusat.

Baca Juga :   Kabut Asap, Kualitas Udara di Jambi Masuk Kategori Berbahaya!

Subsidi pangan ini disalurkan untuk masa sembilan bulan buat 10.000 KK yang bukan penerima program BPNT. “Penerima BPNT di Tanjung Balai 2019 mencapai 13.448 KK sehingga masyarakat Tanjung Balai penerima bantuan pangan 2019 mencapai 23.448 KK.

Sesuai Basis Data Terpadu (BDT) Tanjung Balai 2019, keluarga miskin hanya 14.962 KK. Dengan begitu, penerima bantuan di Kota Tanjung Balai sudah lebih dari cukup dan diyakini mampu menurunkan angka kemiskinan,” ujar Idris. (ign)

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Daerah

Kota Kupang Dinyatakan Status Awas Bencana Kekeringan

Published

on

Elly Wairata
Continue Reading

Daerah

Waah… Anggota DPRD Rembang Malah Dorong Mahasiswa Terus Lakukan Demo

Published

on

Continue Reading

Daerah

Bersinergi Wujudkan Penegakan Hukum Yang Baik, PN Kupang Gelar Coffee Morning

Published

on

Continue Reading




Loading…