Connect with us

Daerah

Kominfo Langsa Gelar Sosialisasi Integrasi Jaringan Internet

Published

on

LANGSA, Realitarakyat.com– Pemerintah Kota (Pemkot) Langsa melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mensosialisasikan standarisasi integritas jaringan internet dan intranet buat aparatur perangkat daerah dan Pemerintahan Gampong di Aula Setdakot Langsa, Kamis (14/3).

Wakil Wali Kota Langsa, Dr H Marzuki Hamid dalam arahannya mengatakan, kita harus menyadari betul di era kemajuan teknologi saat ini, harus mampu menguasai teknologi informasi.

Soalnya, sekarang teknologi informasi telah menjadi alat kendali dalam berkomunikasi dan menambah pengetahuan baik dalam kehidupan masyarakat secara luas maupun institusi, termasuk juga kebutuhan memperlancar pekerjaan administrasi pelayanan di Pemerintahan.

Dijelaskan, keberadaan internet dan teknologi informasi saat ini secara signifikan telah mengubah perilaku manusia dan dunia bisnis ke arah peradaban manusia baru yang diistilahkan dengan The Cyber Community.

Karena itu, penggunaan teknologi informasi dalam pemerintahan, seperti menggunakan intranet dan internet merupakan keharusan sehingga kita akan menuju ke arah integrasi sistem.

Untuk itu, Marzuki mengharapkan Kota Langsa setelah integrasi sistem ini berjalan, harus terjadi integrasi data dimana nantinya data pajak dan retribusi daerah, data aset daerah dan data kependudukan bahkan data kesehatan, bisa dengan mudah saya akses di manapun saya berada.

“Ini sangat penting, karena ketersediaan data merupakan hal vital dalam pengambilan keputusan di level pengambil keputusan,” demikian Marzuki Hamid.

Sebelumnya, Kepala Kominfo Langsa, Yanis Prianto mengatakan, sosialisasi integritas jaringan internet dan intranet bagi perangkat daerah dan pemerintahan gampong merupakan upaya mendorong penerapan system informasi yang mendukung penyelenggaraan pemerintah daerah secara efektif, efesien dan transparansi.

Apalagi, kata dia, sekarang kita memasuki era kemajuan teknologi IT yang luar biasa. Penggunaan jaringan internet atau intranet yang terintegrasi menjadi kebutuhan untuk membangun kemudahan informasi dan layanan pemerintah bagi masayrakat, terutama transparansi dalam pengelolaan dana gampong.

Dengan pengenalan jaringan internet/intranet yang terintegrasi diharapkan dapat menciptakan pembinaan dan evaluasi terhadap kecamatan dan gampong dalam penerapan sistem informasi.

Selain itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Langsa dapat mengembangkan sistem informasi gampong sesuai kebutuhan daerah dan peraturan perundang-undangan yang ada.

“Kita berharap adanya sosialisasi ini, pengembangan sistem informasi gampong dapat mendukung percepatan program standarisasi jaringan internet/intranet, Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) dan Sistem Integrasi Desa (SID Gampong) sebagai upaya mendukung percepatan Langsa menuju Green Smart City,” tutup Yanis. (MS)

Advertisement
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

#Trending