Connect with us

Daerah

Danramil 05/PB, Kebakaran Lahan Akasia Di Desa Hajoran Seluas 1,5 Ha

Published

on

kebakaran-lahan-akasia. didesa Hajoran Kecamatan Padang bolak, Kabupaten Padang lawas Utara

Paluta, realitarakyat.com-Kebakaran lahan hutan akasia terjadi pada hari Sabtu (8/3/2019) lalu di wilayah Desa Hajoran, Kecamatan Padang bolak, Kabupaten Padang lawas utara (Paluta).

Peristiwa Kebakaran tersebut diketahui setelah Danramil 05 Padang bolak wilayah KODIM 0212/TS Kapten TNI (CZi) Pahlawan Nasution bersama personelnya pulang dari lokasi kebakaran yang berada di perbukitan pedalaman sekitar 12 Km arah barat Kota Gunung tua.
“Sepuluh Anggota dikerahkan kelokasi kemaren untuk memadamkan api dan dibantu oleh warga Desa Hajoran. Lokasinya yang berada di areal perbukitan dengan jarak tempuh kurang lebih 1 jam berjalan kaki ke titik api yang berada di areal perbukitan,”Jelas Kapten (Czi) Pahlawan Nasution dalam keterangan Persnya di Makoramil 05/PB, Kamis (14/3/2019).

Dikatakannya, Titik api awalnya di ketahui dari hasil pantauan satelit LAPAN pada hari Sabtu pukul 16.30 WIB dan personel KORAMIL 05/PB bersama masyarakat tiba di lokasi malam pukul 23.45 WIB.

“Sesampainya di lokasi kita langsung memadamkan kobaran api di lahan yang terbakar berupa hutan akasia yang di perkirakan luas lahan yang terbakar itu 1.5 HA. Kemudian api berhasil kita padamkan pada pukul 00. 10 WIB dini hari dengan menggunakan peralatan seadanya yaitu dengan daun pohon dan ranting kayu,”Ungkap Danramil 05/PB.

Berdasarkan analisisnya, kebakaran tersebut di duga berasal dari puntung rokok yang di buang warga sembarangan, oleh karena itu, Kapten TNI (Czi) Pahlawan Nasution menghimbau kepada warga agar jangan melakukan pembakaran hutan dan lahan serta jangan membuang puntung rokok sembaranagan.

“Apalagi katanya, saat ini cuaca di wilayah Kabupaten Paluta mulai memasuki musim kemarau dan sangat rentan kejadian kebakaran hutan dan lahan,” Kata Pahlawan Nasution.(Haryan).

Baca Juga :   Gubsu Kunker ke Labusel, Ajak Pemerintah dan masyarakat mamfaatkan potensi bangun Sumut
Advertisement
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Loading…

#Trending