Connect with us

TNI -POLRI

Pencuri Spesialis Kamar Hotel Berbintang Padang Di Tangkap Polisi

Published

on

Bukittinggi, Realitarakyat.com. – Seorang warga Ladang Laweh Batipuh Baruah Kecamatan Batipuah Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat bernama Novrizal (41), diringkus Tim Buru Sergap (Buser) Satuan Reserse dan Kriminal Polres Bukittinggi, setelah terbukti mencuri dalam sebuah kamar di salah satu hotel berbintang empat, yang dihuni korban Haryanti (49).

Kasat Reserse dan Kriminal Polres Bukittinggi, AKP Andi Mohamad Akbar Mekuo, Jum’at (8/3/2019), menyebutkan, Tim Buser di bawah pimpinan Kanit Ipda Fikri Rahmadi berhasil mengungkap kasus yang menimpa korban di salah satu hotel berbintang empat itu, tidak sampai 24 jam dari waktu menerima laporan adanya peristiwa pencurian.

“Peristiwa Pencurian dengan pemberatan itu terjadi pada Selasa 5 Maret 2019 sekira pukul 23.30 WIB, korban membuat laporan pada Rabu 6 Maret 2019 pada pukul 05.30 WIB, sedangkan tersangka Novrizal dibekuk Tim Buser ketika sedang naik ojek pulang ke rumah sekitar pukul 19.00 WIB pada Kamis 7 Maret 2019,” terangnya.

Andi Mohamad Akbar Mekuo menambahkan, kejadian berawal saat korban Haryanti meninggalkan kamar hotel untuk menghadiri suatu acara, dan korban menaruh uang dalam koper dalam keadaan terkunci, saat kembali ke kamar usai acara korban kaget melihat koper yang berantakan dalam keadaan terbuka dan rusak, dan korban tidak menemukan uang dan surat-surat berharga miliknya.

Atas laporan korban, kemudian Tim Buser melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP), dan memeriksa rekaman kamera pengintai (CCTV).

“Kamis siang kemaren Tim Buser mendapat informasi jika tersangka sedang memakai ATM korban di kawasan Kota Padangpanjang, dan tim langsung bergerak menuju lokasi. Namun sesampainya di sana, pelaku sudah tidak ada di sana. Setelah menelusuri lebih lanjut, akhirnya pelaku ditemukan di kawasan Batipuah, dan langsung diamankan,” ujarnya.

Menurut Andi Mohamad Akbar Mekuo, usai menangkap tersangka, Tim Buser langsung menggeledah, dan menemukan barang bukti berupa uang tunai sebesar Rp1,6 juta dari Rp2 juta yang dicuri, uang Dolar Amerika sebanyak 510 USD dari 1.000 USD yang dicuri.

“Disamping itu, juga diamankan, uang ringgit Malaysia sebanyak 422 dari 450 ringgit, uang Dolar Singapura sebanyak 403 dari 600 Dolar yang dicuri. Barang bukti 1 jaket warna cokelat, 1 dompet warna hitam, 1 dompet warna merah, serta beberapa kartu ATM dan kartu Scherfer,” jelasnya.

Tersangka dan barang bukti sambung Andi Mohamad Akbar Mekuo, saat ini sudah berada di Rumah Tahanan Polres Bukittinggi untuk mengikuti proses hukum lebih lanjut, dan tersangka dijerat pasal 363 KUHP, dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara.(T Chaniago)

Advertisement
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

#Trending