Connect with us

Kriminal

Hakim : Kadis PPO Kota Kupang Seharusnya Ikut Tanggung Jawab

Published

on

Kupang, realitarakyat.com – Ikrarniekhe Elmayati Fau selaku ketua majelis hakim saat memimpin sidang kasus dugaan korupsi Dana Alokasi Khusus (DAK) Kota Kupang untuk pembangunan SMA/SMK saat pemeriksaan saksi, menegaskan bahwa Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kota Kupang, Filmon Lulupoy seharusnya turut bertanggung jawab dalam kasus itu.

Menurut Ikrar, karena tidak dilakukan monitoring secara baik dalam pelaksanaan pembangunan SMA/SMK di Kota Kupang sehingga terjadi kasus yang kini disidangkan.

“Seandainya bapak (Filmon Lulupoy) lakukan monitoring dengan baik maka tidak akan terjadi seperti ini,” kata hakim saat sidang pemeriksaan saksi.

Ditambahkan hakim, terkait dengan perubahan perencanaan bangunan sekolah tidak juga diketahui secara pasti oleh Kadis PPO Kota Kupang, hal ini sangatlah fatal dalam pelaksaan proyek.

“Apalagi bapak tidak tahu soal perubahan perencanaan bangunan. Saksi hanya bilang atur saja yang baik. Nah ini juga masalah,” ucap Hakim.

Jika dilakukan monitoring secara baik, lanjut hakim, maka proyek tidak akan bermasalah seperti ini. Apalagi pembayaran dilakukan sebanyak tiga (3) kali oleh pihak terkait.

“Jika monitoring baik maka tidak bermasalah namun karena tidak jelas maka seperti ini. Seharusnya pembayaran pembayaran pertama di croos cek dulu proyek sudah baik atau tidak tapi ini tidak sama sekali makanya bayar saja,”tutur Ikrar.

Sidang kasus dugaan korupsi DAK ini dipimpin majelis hakim Ikrarniekha Elmayawati Fau idampingi dua hakim angggota Ali Muhtarom dan Ari Prabowo.

Terdakwa Nikodemus Salean, Welem Karel Lay, Mourizd Soleman Luik didampingi kuasa hukumnya George Nakmofa dan Sarce Siubelan cs. Turut hadir JPU Kejari Kota Kupang, Januarius Boli Tobi.

Sidang kali ini beragendakan pemeriksaan saksi, dimana JPU Kejari Kota Kupang menghadirkan tiga orang sebagai saksi yakni Jerhans Ledo, Filmon Lulupoy (Kadis PPO Kota Kupang) dan Devi Loak.(rey)

Baca Juga :   IOM PBB Sekolahkan Puluhan Anak Afganistan di Kupang
Advertisement
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Loading…

#Trending