Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Nasional

Cegah Kericuhan soal WNA Masuk DPT, Kemendagri Akan Lakukan Literasi

Published

on

Jakarta, Realitarakyat.com – Untuk memastikan WNA yang masuk DPT telah dicoret, pihak Kemendagri akan melakukan literasi kepada petugas di lapangan untuk mengetahui perbedaan KTP-el WNA dan WNI.

Menurut Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakhrullah, perbedan KTP-el WNA dan WNI dapat dilihat dari tiga hal, yaitu pada KTP-el WNA terdapat tulisan warga negara asing, terdapat tulisan berbahasa inggris dan berlaku terbatas waktu (tidak seumur hidup).

“Apabila dikemudian hari masih muncul isu yang sama, kita merencanakan akan merubah warna KTP-el WNA agar dapat mudah diketahui,” kata Zudan di Jakarta, Jumat (8/3/2019).

Zudan menampik isu selama ini yang menghubungkan KTP-el WNA dengan isu memenangkan Paslon tertentu, baik dalam rangka Pilkada maupun Pemilu 2019. Ia menegaskan bahwa Pembuatan KTP-el untuk WNA telah berlaku sejak tahun 2006.

Kemudian, Zudan juga menegaskan Dukcapil sepenuhnya merekam KTP-el WNA dalam rangka menjalankan tugas dan fungsi Administrasi Dukcapil dan menjalankan perintah perundang-undangan.

“jadi ini kita kaji bersama-sama memberikan pengetahuan, pemahaman, dan sosialisasi bahwa KTP untuk WNA ini sudah brlaku sejak lama 2006 dan tidak ada kaitannya dengan Pileg dan ¬†Pilpres maupun Pilkada, namun sepenuhnya adalah fungsi-fungsi adminstrasi,” pungkas Zudan.

Baca Juga :   Jelang Pemilu, Mendagri Himbau Kepala Daerah dan DPRD Tidak Bepergian ke Luar Negeri
Advertisement
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Hukum

Basaria Panjaitan Hormati Keputusan DPR Sahkan Revisi UU KPK

Published

on

Komisioner KPK, Basaria Panjaitan. (foto: ist)
Continue Reading

Nasional

Pimpinan KPK Terpilih Ingatkan Pegawainya Taat Aturan

Published

on

Continue Reading

Nasional

Optimalkan Pilkada Serentak 2020, Bawaslu Siapkan Perbawaslu

Published

on

Anggota Bawaslu, Fritz Edward Siregar
Continue Reading
Loading...




Loading…