Connect with us

Nasional

Teknologi E-court Permudah Kinerja Peradilan MA

Published

on

Jakarta,Realitarakyat.com. – Ketua Mahkamah Agung Muhammad (MA) Hatta Ali bangga dengan sistem teknologi informasi yang telah digunakan dalam pelaksanaan peradilan di MA. Salah satunya adalah aplikasi e-court yang telah diluncurkan sejak Juli 2018.

Demikian disampaikan Hatta Ali dalam pidato Laporan Tahunan MA 2018. Hadir antara lain Presiden RI Joko Widodo, Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, Ketua DPD RI Osaman Sapta Odang (OSO), dan lain-lain.

“E-Court disambut antusias oleh masyarakat dan pencari keadilan. Ini tidak lepas dari berbagai kemudahan yang diberikan, yaitu pendaftaran perkara yang bisa dilakukan di mana pun tanpa hadir secara langsung ke peradilan,” tegas Hatta di Jakarta, Rabu (27/2/2019).

Dengan e-court, pembayaran panjar biaya perkara juga bisa dilakukan secara online. Misalnya, dengan internet banking dan ATM transfer.

Pada 2018, Hatta mengatakan terdapat 445 perkara yang didaftarkan melalui e-court pada pengadilan di lingkungan peradilan umum.

Sementara itu, ada 442 perkara di lingkungan peradilan agama dan 20 perkara di lingkungan peradilan tata usaha negara. “Hal ini secara fundamental mengubah praktik perkara di peradilan dan membawa peradilan di Indonesja ke arah praktik peradilan negara maju,” kata Hatta lagi.

Menurut Hatta, MA telah menerapkan teknologi informasi dalam setiap kebijakan mereka. Sistem e-court tidak hanya digunakan untuk mendaftarkan perkara dan membayar panjar biaya perkara. Hatta mengatakan, e-court juga dipakai untuk menyampaikan pemberitahuan dan pemanggilan persidangan secara elektronik.

Advertisement
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

#Trending