Connect with us

Luar Negeri

Perseteruan India dan Pakistan Berlanjut, Hari ini Jet Tempur Pakistan Jatuh Ditembak

Published

on

New Delhi, Realitarakyat.com. – Kementerian Luar Negeri India menyatakan angkatan bersenjatanya menembak jatuh satu jet tempur Pakistan pada Rabu (27/2).

Juru bicara Kemlu India, Rajeesh Kumar, mengklaim jet Pakistan itu ditembak ketika tengah berupaya meluncurkan operasi serangan “yang menargetkan instalasi militer di wilayah India.”

“Pesawat Pakistan terlihat oleh angkatan darat terjatuh di wilayah mereka,” kata Kumar dalam jumpa pers di New Delhi.

Dia mengatakan salah satu pesawat militernya juga ikut jatuh dalam bentrokan di udara tersebut.

“Dalam insiden itu, sayangnya kami juga kehilangan satu pesawat Mig-21. Pilot masih belum ditemukan. Pakistan mengklaim dia (pilot) telah mereka tangkap,” kata Kumar seperti dikutip AFP.

Kumar tak menjelaskan di mana lokasi pertarungan antara kedua pesawat militer itu terjadi. Namun, sejumlah media melaporkan jet-jet tempur Pakistan itu memasuki wilayah Kashmir yang dikuasai India pada Rabu pagi.

Beberapa jam setelah insiden terjadi, sejumlah bandara di sekitar lokasi segera ditutup untuk sementara.

Insiden ini terjadi tak lama setelah Angkatan Udara Pakistan menyatakan telah menembak jatuh dua jet tempur India di atas wilayah Kashmir di hari yang sama.

“Pakistan merespons serangan itu dengan menggunakan angkatan udaranya untuk menargetkan instalasi militer India,” ucap Kumar.

Juru bicara militer Pakistan, Asif Ghafoor, mengatakan salah satu pesawat jatuh di wilayah Kashmir yang mereka kuasai, sementara satu jet lainnya jatuh di wilayah Kashmir bagian India. Dua pilot India dilaporkan ikut ditangkap dalam insiden itu.

Meski hidup bertetangga, relasi India dan Pakistan selalu terganjal konflik di Kashmir. Sejak merdeka dari Inggris, Kashmir dibagi dua menjadi wilayah untuk India dan Pakistan. Kedua negara kemudian bertarung untuk memperebutkan keseluruhan wilayah Kashmir.

Baca Juga :   Relawan "EropaTetapJokowi", adakan Syukuran di Frankfurt dan London

India dan Pakistan tercatat telah berperang sebanyak dua kali memperebutkan wilayah Kashmir, yakni pada Perang India-Pakistan pada 1947 dan pada 1999 dalam Perang Kargil.

Ketegangan kedua negara kembali memanas di Kashmir setelah bom bunuh diri menerjang konvoi militer India di wilayah itu pada 14 Februari lalu. Insiden itu menewaskan setidaknya 40 personel militer India.

New Delhi menuding Islamabad terlibat dalam bom bunuh diri itu, sebuah klaim yang dibantah Pakistan. Sejak itu, bentrokan militer antara kedua negara terus terjadi. (Hasyim)

Advertisement
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Loading…

#Trending